Page 224 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 224
keterbatasan daya tampung perguruan tinggi negeri (PTN) dalam me-
nerima mahasiswa.
Kajian dalam artikel ini bertujuan mencari titik singgung pengembang-
an sumber daya manusia dengan Aleta V, terutama berkaitan dengan as-
pek pendidikan melalui SBJJ. Kajian ini bukan merupakan uraian leng-
kap dan komprehensif, melainkan lebih merupakan "rintisan" dalam re-
aktualisasi Aleta V. Uraian berikut difokuskan pada tiga hal yaitu: per-
lama, uraian tentang perspektif Aleta V; k.edua, hakikat pengembangan
sumber daya manusia; ketiga, kompetensi dan validasi pendidikan Aleta
v.
Sekilas tentang Akta V
Sejak dibuka program ini pada awal tahun 1981, yang diperuntukkan
bagi dosen-dosen PTN dan perguruan tinggi swasta (PTS) swasta yang
sudah berhak mengajar (sesuai ketentuan golongan) dan dosen-dosen yang
akan naik go Iongan dari III/d ke IV /a, diikuti oleh kurang lebih 8000
mahasiswa per semester.
Program ini berusaha untuk meningkatkan kualifikasi dosen perguru-
an tinggi (PT) sehingga memiliki kompetensi mengajar pada pendidikan
tinggi. Mengingat keragaman entry behavior dari peserta didik, program
ini memiliki dua buah desain sebagai berikut:
1. Akta V A: Program ini ditujukan untuk semua dosen-dosen dari bi-
dang keilmuan (non-IKIP) yang lebih menek:ankan pada kompetensi
profesional guru.
2. Akta V B : Program ini ditujukan kepada semua dosen dari bidang
keguruan (IKIP) yang lebih menekankan pada kompetensi akademik.
Luasnya jangkauan program terhadap seluruh peserta didik (dosen-
dosen) dari berbagai PT di Indonesia dan keinginan untuk melaksanakan
225