Page 224 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 224

keterbatasan  daya  tampung  perguruan  tinggi  negeri  (PTN)  dalam  me-
        nerima  mahasiswa.
           Kajian dalam artikel ini bertujuan mencari titik singgung pengembang-
        an sumber daya  manusia dengan Aleta V,  terutama berkaitan dengan as-
        pek pendidikan melalui SBJJ.  Kajian  ini  bukan merupakan uraian leng-
        kap dan komprehensif, melainkan lebih merupakan "rintisan" dalam re-
        aktualisasi  Aleta  V.  Uraian berikut difokuskan  pada tiga hal  yaitu:  per-
        lama,  uraian tentang  perspektif Aleta  V;  k.edua,  hakikat pengembangan
        sumber daya manusia;  ketiga,  kompetensi dan validasi pendidikan Aleta
        v.


        Sekilas tentang Akta V
           Sejak dibuka program ini  pada awal  tahun  1981, yang  diperuntukkan
        bagi  dosen-dosen  PTN dan perguruan  tinggi  swasta (PTS)  swasta yang
        sudah berhak mengajar (sesuai ketentuan golongan) dan dosen-dosen yang
        akan  naik  go Iongan  dari  III/d  ke  IV /a,  diikuti  oleh  kurang  lebih  8000
        mahasiswa  per  semester.
           Program ini  berusaha untuk meningkatkan kualifikasi dosen perguru-
        an tinggi (PT) sehingga memiliki kompetensi mengajar pada pendidikan
        tinggi.  Mengingat keragaman entry behavior dari peserta didik, program
        ini memiliki dua buah desain sebagai berikut:
        1.  Akta  V  A:  Program ini  ditujukan  untuk semua dosen-dosen dari bi-
           dang  keilmuan  (non-IKIP)  yang  lebih menek:ankan  pada kompetensi
           profesional guru.
        2.  Akta  V  B  :  Program ini  ditujukan kepada semua dosen dari  bidang
           keguruan (IKIP) yang lebih menekankan pada kompetensi akademik.


           Luasnya  jangkauan  program  terhadap  seluruh  peserta didik  (dosen-
        dosen) dari berbagai PT di Indonesia dan keinginan untuk melaksanakan

                                       225
   219   220   221   222   223   224   225   226   227   228   229