Page 35 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 35

1. Pendidikan Terbuka dan Modal Insani Indonesia


                                             membuat          Deklarasi
                                             Icheon  yang  menegaskan
                                             komitmen    negara-negara
                                             dan    komunitas    global
                                             terhadap agenda tunggal
                                             pendidikan   yang   baru,
                                             Education  2030  Framework
                                             for  Action  yang  kemudian
                                             diadopsi oleh UNESCO pada
                                             November 2030.  Komitmen
                                             dalam  Education  2030 itu
               diantaranya menekankan bahwa:

                 •   … commit to quality education and to improving
                     learning outcomes.
                 •   … commit to promoting quality lifelong learning
                     opportunities for all …… the provision of flexible
                     learning  pathways,  as  well  as  the  recognition,
                     validation  and  accreditation  of  the  knowledge,
                     skills  and  competencies  acquired  through  non-
                     formal and informal education, is important. ….
                     Information  and  communication  technologies
                     (ICTs) must be harnessed to strengthen education
                     systems,  knowledge  dissemination,  information
                     access, quality and effective learning, and more
                     effective service provision.


               Komitmen  ini  menunjukkan  bahwa  masyarakat  dan
               pemerintahan  secara  global  sangat  khawatir  dengan
               fakta  ketimpangan  akses  terhadap  pendidikan  ini.  Data
               menunjukkan,  bahkan  tiga  tahun  setelah  SDG  dirumuskan,
               masih ada 263 juta anak, remaja, dan orang dewasa, hampir
               20% dari populasi kelompok usianya, yang masih belum dapat
               diberi akses terhadap pendidikan formal (UNESCO, 2018). Oleh





                                           25
   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40