Page 34 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 34

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 Inggris yang bernama The Open University (awalnya dikenal
                 sebagai  The  British  Open  University  dan  United  Kingdom
                 Open University) pada tahun 1969. Model penyelenggaraan
                 The  Open  University  (OU)  ini  dinilai  sukses  membuka  akses
                 pendidikan  tinggi  secara  masal  dan  kemudian  banyak  ditiru
                 oleh  negara  lain  termasuk  Indonesia  yang  mendirikan
                 Universitas Terbuka (UT) pada tahun 1984. Konsep universitas
                 terbuka adalah meniadakan kendala masyarakat untuk dapat
                 mengakses  pendidikan  tinggi,  khususnya  dalam  hal  kendala
                 ekonomi, sosial, jarak/tempat tinggal, usia, dan lama studi.

                 PENDIDIKAN TERBUKA DAN KOMITMEN
                 KETERBUKAAN PENDIDIKAN
                 Komitmen  dunia  terhadap  kebijakan  Pendidikan  Terbuka
                 dideklarasikan dalam berbagai format, diantaranya misalnya
                 “Cape Town Open Education Declaration” yang ditandatangani
                 oleh kurang lebih  2915 praktisi pendidikan yang melakukan
                 pertemuan  di  Cape  Town,  Afrika  Selatan  pada  tahun  2007.
                 Deklarasi ini menyatakan komitmen para praktisi pendidikan
                 untuk mempromosikan akses terbuka terhadap pendidikan dan
                 penggunaan sumber pembelajaran terbuka, serta mendorong
                 pemerintah-pemerintah untuk menerapkan praktik kebijakan
                 terbuka  bagi  produk-produk  pendidikan  yang  dibiayai  oleh
                 dana  publik.  Komitmen  ini  juga  dikukuhkan  menjadi  salah
                 satu goal dari Millenium Development Goals (2000-2015) dan
                 kemudian dari Sustainable Development Goals (2015-2030).


                 Secara khusus, tujuan keempat Sustainable Development Goals
                 (SDGs)  dirumuskan  untuk  memastikan  tersedianya  sistem
                 pendidikan berkualitas yang inklusif dan adil, serta mendukung
                 kesempatan  belajar  sepanjang  hayat  bagi  semua.  Tujuan
                 itu diturunkan menjadi 10 target khusus yang harus dicapai
                 pada tahun 2030. Seiring dengan SDG ini, kurang lebih 1600
                 peserta World Education Forum pada tahun 2015 kemudian





                                           24
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39