Page 36 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 36
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
karena itu, komitmen yang didukung oleh teknologi saja belum
cukup untuk dapat mencapai target-target SDG. UNESCO
kemudian merekomendasikan pengadopsian Ljublljana Open
Educational Resources (OERs) Action Plan 2017 sebagai upaya
untuk mencapai target Education 2030 Agenda (UNESCO,
2019). OERs adalah salah satu bentuk dan dimensi Pendidikan
Terbuka yang oleh UNESCO didefinisikan sebagai:
“...learning, teaching and research materials in
any format and medium that reside in the public
domain or are under copyright that have been
released under an open license that permit no-
cost access, re-use, re-purpose, adaptation and
redistribution by others.”
Komitmen dalam Education 2030 sangat selaras dengan
pemahaman open education yang disampaikan oleh Bates
(1995) di atas. Dan untuk mengimplementasikan komitmen
tersebut, Open Education Consortium menyebutkan kuncinya
ada pada satu kata, yaitu sharing atau berbagi.
Open education encompasses resources, tools and practices
that employ a framework of open sharing to improve
educational access and effectiveness worldwide (OEC, 2017).
Masyarakat global menyadari bahwa tanpa mengadopsi dan
mengimplementasikan konsep pendidikan terbuka maka
Agenda Education 2030 tidak akan tercapai.
PENDIDIKAN TERBUKA DAN ERA DIGITAL
Perkembangan konsep dan aksi implementasi Pendidikan
Terbuka sangat dipengaruhi oleh perkembangan TIK. Dimensi
perkembangan TIK yang paling berpengaruh adalah TIK
yang memfasilitasi kolaborasi dalam jejaring Internet yang
26