Page 36 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 36

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 karena itu, komitmen yang didukung oleh teknologi saja belum
                 cukup  untuk  dapat  mencapai  target-target  SDG.  UNESCO
                 kemudian merekomendasikan pengadopsian Ljublljana Open
                 Educational Resources (OERs) Action Plan 2017 sebagai upaya
                 untuk  mencapai  target  Education  2030  Agenda  (UNESCO,
                 2019). OERs adalah salah satu bentuk dan dimensi Pendidikan
                 Terbuka yang oleh UNESCO didefinisikan sebagai:

                       “...learning,  teaching  and  research  materials  in
                       any format and medium that reside in the public
                       domain  or  are  under  copyright  that  have  been
                       released under an open license that permit no-
                       cost  access,  re-use,  re-purpose,  adaptation  and
                       redistribution by others.”

                 Komitmen  dalam  Education  2030  sangat selaras dengan
                 pemahaman  open  education  yang  disampaikan  oleh  Bates
                 (1995)  di  atas.  Dan  untuk  mengimplementasikan  komitmen
                 tersebut, Open Education Consortium menyebutkan kuncinya
                 ada pada satu kata, yaitu sharing atau berbagi.

                 Open education encompasses resources, tools and practices
                 that  employ  a  framework  of  open  sharing  to  improve
                 educational access and effectiveness worldwide (OEC, 2017).


                 Masyarakat global menyadari bahwa tanpa mengadopsi dan
                 mengimplementasikan  konsep  pendidikan  terbuka  maka
                 Agenda Education 2030 tidak akan tercapai.

                 PENDIDIKAN TERBUKA DAN ERA DIGITAL
                 Perkembangan  konsep  dan  aksi  implementasi  Pendidikan
                 Terbuka sangat dipengaruhi oleh perkembangan TIK. Dimensi
                 perkembangan  TIK  yang  paling  berpengaruh  adalah  TIK
                 yang  memfasilitasi  kolaborasi  dalam  jejaring  Internet  yang





                                           26
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41