Page 167 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 167
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
terkait dengan teknologi daring yang dapat melayani berbagai
keperluan, termasuk mengurangi kendala akses. Keberadaan
situs jaringan dan pedekatan lain (yang berbasis komputer)
dapat digunakan guna menyampaikan materi pembelajaran
atau kuliah (bahan dan catatan tertentu), penilaian, dan materi
terkait lainnya dalam berbagai media dan modus. Dalam
media video, misalnya, disediakan fitur pembicara, agenda,
diskusi terkait topik bahasan, dan tanya jawab oleh fasilitator.
Salah satu bentuk, YouTube misalnya, sering digunakan
untuk tujuan ini. Pembelajar juga dapat berinteraksi melalui
beragam media sosial yang sudah tersedia dengan mudah dan
murah saat ini. Sementara materi atau konten lainnya dapat
disediakan melalui proses digitasi.
Banyak institusi Pemerintah, termasuk lembaga lain, dan juga
masyarakat secara umum semakin menyadari pentingnya
pendidikan. Pengetahuan manusia sangat penting untuk
menghasilkan pemimpin, inovator, dan pendidik yang
kompeten. Sistem pendidikan harus memberikan setiap
individu kesempatan untuk membangun kehidupan yang
baik dan bahkan lebih baik. Dan, teknologi telah membuat
perluasan peluang peyebaran pendidikan lebih terbuka
lebar dan juga lebih mudah. Melalui Internet, siapa saja
(pembelajar) dapat dengan mudah menemukan informasi
secara praktis tentang topik apa pun sementara pendidik
(tepatnya fasilitator) mampu berbagi keahlian mereka dengan
pembelajar mana pun dalam hitungan detik. Materi pendidikan
disebarluaskan ke audiens secara umum tanpa perlu biaya
tambahan. Teknologi yang berkembang saat ini sudah sangat
memadai dan memungkinkan pembelajar berinteraksi dengan
komunitas global sesuai dengan keleluasaan (kenyamanan)
yang mereka miliki.
162