Page 166 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 166

4. Pendidikan Terbuka dan Demokratisasi Pendidikan


               6.  merilis data untuk digunakan kembali oleh pihak terkait
                   menunjang kelancaran pendidikan terbuka (data terbuka);
                   dan
               7.  menyebarluaskan pemanfaatan sistem utama dan sistem
                   penunjang  untuk  dimanfaatkan  secara  optimal  melalui
                   jaringan  yang  disediakan  (pembelajaran/pedagogik
                   terbuka).

               Meski  ketujuh  butir  di  atas  belum  dan  bukan  merupakan
               daftar  lengkap,  setidaknya  gambaran  di  atas  sudah  dapat
               memberi landasan terkait jenis kegiatan yang tercakup dalam
               frasa pendidikan terbuka.

               TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TERBUKA
               Teknologi  yang  tersedia  untuk  pendidikan  terbuka  penting
               dalam mencapai efisiensi dan efektivitas keseluruhan program
               dalam pendidikan terbuka. Keberadaan dan kemajuan teknologi
               terutama di bidang komunikasi dan informasi, memberi dasar
               sedemikian rupa keterbukaan dapat dicapai secara “absolut”
               dalam  penyebaran  pengetahuan  melalui  pendidikan.  Paling
               tidak  sudah  dapat  menghilangkan  (mengurangi  tepatnya)
               hambatan termasuk, tetapi tidak terbatas hanya pada, biaya
               dan  akses  ke  sumber  daya  terkait  dan  tanpa  perlu  biaya.
               Setelah teknologi yang tersedia ditemukan, maka diperlukan
               aplikasi yang sesuai pada teknologi untuk program pendidikan
               tertentu  yang  dewasa  ini  tidak  dapat  dipisahkan  dengan
               pembelajaran daring (yang sangat sarat dengan pemanfaatan
               teknologi tepatguna yang mutakhir).

               Karena pendidikan terbuka biasanya terjadi pada waktu dan
               tempat yang berbeda untuk sebagian besar individu di seluruh
               dunia, teknologi tertentu yang tepat guna perlu dimanfaatkan
               untuk  meningkatkan  efektivitas  keberadaan  suatu  program
               dalam  sistem  pendidikan  terbuka.  Teknologi  ini  terutama





                                          161
   161   162   163   164   165   166   167   168   169   170   171