Page 162 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 162

4. Pendidikan Terbuka dan Demokratisasi Pendidikan




                    Prof. Dr. Maximus Gorky Sembiring







                  TINJAUAN SISTEM DAN
                             MANAJEMEN

                   PENDIDIKAN TERBUKA
                          SECARA MAKRO








               PENDAHULUAN
               Perkembangan dan kemajuan yang pesat di bidang teknologi
               informasi  dan  komunikasi  sebagai  bagian  dari  unsur  utama
               pergeseran  paradigma  dalam  tatanan  kehidupan  saat  ini
               merambah ke banyak sisi kehidupan manusia. Dengan segala
               konsekuensinya,  baik  berupa  peluang  maupun  tantangan,
               masuk pula ke sektor pembangunan, terutama pembangunan
               pendidikan. Sektor pendidikan harus ikut menyesuaikan diri
               dengan  irama  pergeseran  perkembangan,  apalagi  dengan
               adanya  konsekuensi  Revolusi  Industri  4.0.  Ditambah  pula
               bahwa di akhir 2019, sampai saat tulisan ini disusun, pergeseran
               percepatan  perubahan  di  bidang  pendidikan  menjadi  lebih
               signifikan  karena  adanya  pandemi  Covid-19  dimana  skema
               dan  sistem  penyelenggaraan  pendidikan  menjadi  berbeda
               dengan yang ada dan berjalan sebelumnya.

               Konsekuensi langsung mengapa pendidikan termasuk elemen
               yang  terkena  dampak  pergeseran  dimaksud  semata  karena





                                          157
   157   158   159   160   161   162   163   164   165   166   167