Page 158 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 158
3. Pendidikan Terbuka sebagai Layanan Publik
more important than the arts of the system), dan 5) Tujuan
utama (visi dan misi bersama) lebih penting daripada tujuan-
tujuan turunannya/unit & sub-unit (the objective of the whole
outweighs the subordinate objectives of the subsystems). Ber-
makna bahwa visi institusi harus dijadikan sebagi fulcrum dia-
tas semua kepentingan.
Mencermati pendapat Luchsinger dan Dock (1982) tersebut,
sangat penting bagi kita untuk memiliki pemahaman tentang
UT sebagai sebuah sistem. Struktur organisasi yang dijelaskan
diatas merupakan bekal awal sebelum kita memahami lebih
lanjut tentang tata telola UT sebagai sebuah sistem tersebut;
dengan memiliki pengetahuan UT sebagai sebuah sistem
akan membantu kita dalam memahami pendidikan jarak jauh
sebagai ‘a field of study’ (Moore & Kearsley, 1996). Pemikiran
dan pembahasan UT sebagai sebuah sistem akan disajikan
pada sesi berikutnya dengan agenda utama membahas
‘tinjauan sistem dan manajemen pendidikan terbuka’.
Memiliki pemahaman yang baik tentang struktur organisasi,
tata Kelola, dan sistem UT sebagai sebuah institusi PTJJ akan
menjadi modal penting bagi kita dalam membuat kebijakan,
mengambil sebuah keputusan, dan mengembangkan
beragam praktek baik dalam berbagai sisi layanan yang
dibutuhkan dalam penyelenggaraan PJJ. Sejumlah pertanyaan
mungkin muncul, bagaimana struktur organisasi dan tata
kelola UT sebagai sebuah sistem ‘correspond well’ dengan
existing practices yang terjadi di setiap unit dan sub-unit
serta hubungan lintas unit tersebut? Sampai seberapa jauh
implementasi ketentuan dalam SOTK UT memberikan warna
dalam best practices UT saat ini? Bagaimana SOTK UT yang
berlaku saat ini dapat membantu membimbing manajemen
mengembangkan sistem penjaminan kualitas yang akan
diterapkan? Kaidah, norma, dan etika akademik seperti apa
151