Page 158 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 158

3. Pendidikan Terbuka sebagai Layanan Publik


               more important than the arts of the system), dan 5) Tujuan
               utama (visi dan misi bersama) lebih penting daripada tujuan-
               tujuan turunannya/unit & sub-unit (the objective of the whole
               outweighs the subordinate objectives of the subsystems). Ber-
               makna bahwa visi institusi harus dijadikan sebagi fulcrum dia-
               tas semua kepentingan.

               Mencermati pendapat Luchsinger dan Dock (1982) tersebut,
               sangat penting bagi kita untuk memiliki pemahaman tentang
               UT sebagai sebuah sistem. Struktur organisasi yang dijelaskan
               diatas merupakan bekal awal sebelum kita memahami lebih
               lanjut tentang tata telola UT sebagai sebuah sistem tersebut;
               dengan  memiliki  pengetahuan  UT  sebagai  sebuah  sistem
               akan membantu kita dalam memahami pendidikan jarak jauh
               sebagai ‘a field of study’ (Moore & Kearsley, 1996). Pemikiran
               dan  pembahasan  UT  sebagai  sebuah  sistem  akan  disajikan
               pada  sesi  berikutnya  dengan  agenda  utama  membahas
               ‘tinjauan sistem dan manajemen pendidikan terbuka’.


               Memiliki pemahaman yang baik tentang struktur organisasi,
               tata Kelola, dan sistem UT sebagai sebuah institusi PTJJ akan
               menjadi modal penting bagi kita dalam membuat kebijakan,
               mengambil  sebuah  keputusan,  dan  mengembangkan
               beragam  praktek  baik  dalam  berbagai  sisi  layanan  yang
               dibutuhkan dalam penyelenggaraan PJJ. Sejumlah pertanyaan
               mungkin  muncul,  bagaimana  struktur  organisasi  dan  tata
               kelola  UT  sebagai  sebuah  sistem  ‘correspond  well’ dengan
               existing  practices  yang  terjadi  di  setiap  unit  dan  sub-unit
               serta  hubungan  lintas  unit  tersebut?  Sampai  seberapa  jauh
               implementasi ketentuan dalam SOTK UT memberikan warna
               dalam best practices UT saat ini? Bagaimana SOTK UT yang
               berlaku saat ini dapat membantu membimbing manajemen
               mengembangkan  sistem  penjaminan  kualitas  yang  akan
               diterapkan?  Kaidah, norma, dan etika akademik seperti apa





                                          151
   153   154   155   156   157   158   159   160   161   162   163