Page 159 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 159
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
yang harus dibina agar UT terus berkembang dan melakukan
pengabdian terbaik untuk bangsa? Tidak kalah pentingnya,
nilai-nilai budaya organisasi seperti apa yang harus dibangun
dalam sistem dan manajemen pendidikan terbuka agar
UT benar-benar berperan optimal merealisasikan keadilan
sosial bagi seluruh rakyat Indonesia? Pertanyaan-pertanyaan
tersebut sangat bermanfaat untuk dibahas lebih lanjut dalam
sesi tentang sistem dan manajemen pendidikan Universitas
Terbuka.
REFERENSI
Bozkurt, A. (2019). From Distance Education to Open and
Distance Learning: A Holistic Evaluation of History,
Definitions, and Theories. In S. Sisman-Ugur, & G.
Kurubacak (Eds.), Handbook of Research on Learning in
the Age of Transhumanism (pp. 252-273). Hershey, PA:
IGI Global.
Hill, C.W.L., Schilling, M.A. & Jones, G.R. (2016). Strategic
Management: An Integrated Approach. USA: Cengage
Publishers
Holmberg, B. (2007). A theory of teaching-learning conversa-
tions. In M. G. Moore (Ed.), Handbook of distance edu-
cation, (pp. 69-75). Marwah, NJ: Lawrence Erlbaum As-
sociates.
Holmberg, B. (2008). The evolution, principles, and practices
of distance education. Oldenburg, Germany: BIS-Verlag
der.
Luchsinger, V.P. & Dock, T. (1982) The system approach: An In-
troduction. Kendal/Hunt Publishing.
Moore, M. G. & Kearsley, G. (1996). Distance education: A
systems view. Belmont, CA: Wadsworth Publishing
Company.
Notosusanto, N. (1984). Video detik-detik peresmian
Universitas Terbuka. Available: https://www.youtube.
com/watch?v=Xk6wUZcPf3Y&t=209s
152