Page 157 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 157
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
erahan ijazah (UPI) bagi calon wisudwan yang tidak mendapat
kesempatan wisuda di kantor UT Pusat (in absentia).
Berbeda dengan perguruan tinggi konvensional yang secara
umum memiliki 1 kampus induk, UT dengan dilengkapi UPT-
UPBJJ mampu beroperasi dengan layanan tanpa batas wilayah,
memberikan layanan pendidikan dengan biaya yang lebih
terjangkau, serta memungkinkan menyediakan pendidikan
secara lebih luwes sesuai dengan kapasitas masing-masing
mahasiswa. Keberadaan UPBJJ-UT juga menjadi sangat penting
dalam konteks Indonesia sebagai sebuah negara yang sedang
berkembang dengan infrastruktur teknologi dan jaringan yang
masih lemah. UPBJJ UT mejadi tempat yang paling strategis
dan berfungsi sebagai salah satu kanal komunikasi UT jika
mahasiswa ingin menyampaikan permasalahan, keluhan, dan
atau menginginkan informasi lebih lanjut tentang UT.
UT sebagai sebuah entitas PTJJ dengan OTK yang dirancang
secara berbeda dengan perguruan tinggi lainnya telah me-
mungkinkan UT beroperasi dengan competitive advantages
tersendiri yang berbeda dengan perguruan tinggi lainnya. Seb-
agai sebuah instansi pendidikan jarak jauh, UT adalah sebuah
sistem yang melibatkan proses pengelolaan (manajemen)
yang sangat kompleks, didukung oleh beragam sub-sistem
yang bekerja bersama, berkontribusi menuju pencapaian visi
dan misi UT. Merujuk Luchsinger dan Dock (1982), sebagai se-
buah sistem, UT dibina oleh 5 komponen utama: 1) memiliki
tujuan (it has a purpose), 2) setiap sub-sistem dilengkapi den-
gan tata kelola dan memiliki tujuan turunan yang mendukung
tujuan utama (the elements (subsystems) have an established
arrangement, and each element has its own sub-objectives),
3) terciptanya sinergi antar sub-sistem (a synergetic interrela-
tionship must exist among subsystems), 4) transformasi lebih
penting dari seni tata kelola (the process of input to output is
150