Page 172 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 172

4. Pendidikan Terbuka dan Demokratisasi Pendidikan


               hambatan  yang  terjadi  karena  kebutuhan  khusus  dari  sisi
               pembelajar dapat dieliminasi (dikurangi) dengan penyediaan
               sumber belajar terbuka secara terbuka.

               Bagian akhir yang meski di akhir tetapi justru mutlak adalah
               terkait dengan pendidikan terbuka yang harus secara terbuka
               mengupayakan  pengembagan  diri  terkait  dengan  kapabiltas
               yang  ingin  diperoleh  dan  hubungannya  dengan  manfaat
               nyata di dunia nyata (kebutuhan dunia kerja yang menunjang
               kebermaknaan hidup). Penyelarasan pengelolaan pendidikan
               terbuka  dengan  lingkungan  strategis  merupakan  esensi  dari
               perlunya  selamat  berselancar  di  era  digital  yang  ditandai
               dengan  cepatnya  perubahan  di  seluruh  sendi  kehidupan.
               Seperti  juga  yang  diakibatkan  baik  karena  Revolusi  Indistri
               4.0 maupun tuntutan keterampilan abad 21 - apalagi akibat
               langsung dari pandemi Covid19 dewasa ini.


               SEPULUH DIMENSI ESENSIAL PENDIDIKAN TERBUKA
               Secara  keseluruhan,  makro  manajemen  pendidikan  terbuka
               akan mampu memenuhi tuntutan baik secara saintifk maupun
               secara  pragmatik.  Syaratnya,  memenui  sepuluh  dimensi
               yang terdiri atas enam dimensi intrinsik dan empat dimensi
               ekstrinsik.

               Secara  intrinsik,  terdapat  enam  dimensi  yang  mendasari
               kehandalan  program  melalui  sistem  pendidikan  terbuka.
               Keenam  elemen  tersebut  terkait  dengan:  konten,  pedagogi,
               rekognisi,  kolaborasi,  riset  dan  pengembangan,  dan
               keterbukaan  akses.  Keenam  elemen  ini  adalah  makro
               manajerial  penjaminan  kualitas  program  melalui  sistem
               pendidikan terbuka sehingga keluaran dan impak pendidikan
               terbuka  tidak  akan  mencederai  hasil  yang  dipersyaratkan
               secara saintifik.







                                          167
   167   168   169   170   171   172   173   174   175   176   177