Page 175 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 175

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 terhadap  inovasi,  rekognisi,  dan  orientasi.  Di  level  taktis,
                 pendidikan terbuka  secara  operasional  terbuka  terhadap
                 standar,  sumberdaya,  dan  teknologi  yang  diadopsi.  Di  level
                 eksekusi,  pendidikan  terbuka  secara  regulasi  terbuka  juga
                 terhadap  lisensi,  akses,  dan  ketersediaan  layanan  secara
                 keseluruhan.

                 Pada  akhirnya,  pendidikan  terbuka  harus  berujung  pada
                 pembelajaran fleksibel dan mengakomodasi, sejauh mungkin,
                 keunikan  para  pembelajar.  Pembelajaran  fleksibel  hanya
                 terjadi, di lihat dari sisi pembelajar, jika memberi kesempatan
                 dan  kemampuan  kepada  pembelajar  mengikuti  siklus
                 pencaharian dalam proses pembelajaran.


                 Secara umum, siklus pencarian tersebut meliputi tujuh langkah
                 siklik berikut, yaitu pembelajar pada akhirnya secara baik akan
                 mampu:
                 1.  memotret  lingkungan  sekitarnya  sampai  dengan
                    mengajukan pertanyaan dan memformulasikan masalah;
                 2.  melakukan investigasi mulai dari membuat perencanaan,
                    mencari sumber literatur sampai dengan melakukan riset
                    ke lapangan;
                 3.  merekam  data  mulai  dari  cara  mengorganisasikan,
                    mengklasifikasikan  sampai  dengan  menggambarkan
                    dalam berbagai bentuk diagram;
                 4.  mengungkapkan  temuan  mulai  dari  kegiatan  observasi,
                    menguji sampai dengan menginterpretasikan;
                 5.  membangun  konsepsi  berpikir  mulai  dari  membahas,
                    menganalisis  sampai  dengan  menyampaikan  alternatif
                    solusi secara jelas;
                 6.  melakukan eksperimen mulai  dari  mengajukan gagasan,
                    membuat model sampai dengan melakukan replikasi; dan
                 7.  menyediakan waktu refleksi mulai dari melakukan revisi,
                    improvisasi sampai dengan menyimpulkan secara terpadu.





                                          170
   170   171   172   173   174   175   176   177   178   179   180