Page 175 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 175
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
terhadap inovasi, rekognisi, dan orientasi. Di level taktis,
pendidikan terbuka secara operasional terbuka terhadap
standar, sumberdaya, dan teknologi yang diadopsi. Di level
eksekusi, pendidikan terbuka secara regulasi terbuka juga
terhadap lisensi, akses, dan ketersediaan layanan secara
keseluruhan.
Pada akhirnya, pendidikan terbuka harus berujung pada
pembelajaran fleksibel dan mengakomodasi, sejauh mungkin,
keunikan para pembelajar. Pembelajaran fleksibel hanya
terjadi, di lihat dari sisi pembelajar, jika memberi kesempatan
dan kemampuan kepada pembelajar mengikuti siklus
pencaharian dalam proses pembelajaran.
Secara umum, siklus pencarian tersebut meliputi tujuh langkah
siklik berikut, yaitu pembelajar pada akhirnya secara baik akan
mampu:
1. memotret lingkungan sekitarnya sampai dengan
mengajukan pertanyaan dan memformulasikan masalah;
2. melakukan investigasi mulai dari membuat perencanaan,
mencari sumber literatur sampai dengan melakukan riset
ke lapangan;
3. merekam data mulai dari cara mengorganisasikan,
mengklasifikasikan sampai dengan menggambarkan
dalam berbagai bentuk diagram;
4. mengungkapkan temuan mulai dari kegiatan observasi,
menguji sampai dengan menginterpretasikan;
5. membangun konsepsi berpikir mulai dari membahas,
menganalisis sampai dengan menyampaikan alternatif
solusi secara jelas;
6. melakukan eksperimen mulai dari mengajukan gagasan,
membuat model sampai dengan melakukan replikasi; dan
7. menyediakan waktu refleksi mulai dari melakukan revisi,
improvisasi sampai dengan menyimpulkan secara terpadu.
170