Page 179 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 179

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 Dalam banyak situasi, istilah pendidikan terbuka, sekali lagi,
                 acap  digunakan  secara  bergantian  dengan  pembelajaran
                 terbuka.  Istilah  pendidikan  terbuka  dalam  keadaan  tertentu
                 juga  sulit  dipisahkan  dengan  yang  acap  merujuk  pada
                 istilah  yang  kita  kenal  dengan  sebutan  pembelajaran  jarak
                 jauh.  Harus  disadari  pula  bahwa  pendidikan  terbuka  tidak
                 selalu  memanfaatkan  sistem  pendidikan  jarak  jauh.  Istilah
                 keterbukaan  dalam  konteks  ini  lebih  cenderung  mengacu
                 pada organisasi atau lembaga pendidikan yang menawarkan
                 berbagai  pilihan  kepada  peserta  didik  dengan  memberi
                 kesempatan belajar dan cara belajar dengan beragam pilihan
                 dan  tidak  selalu  sepenuhnya  tergantung  pada  batasan  atau
                 kendala ruang dan waktu.


                 Pendekatan pendidikan terbuka saat ini menjadi bersenyawa
                 dengan  pembelajaran  jarak  jauh  seiring  perkembangan  dan
                 pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi yang saling
                 melengkapi dalam praktik dan operasionalnya. Apalagi, dengan
                 menggejalanya kemajuan serta pemanfaatan e-learning dan
                 online learning yang memberi keleluasaan kepada peserta didik
                 dengan  kemungkinan  belajar  yang  lebih  memperhitungkan
                 keterbatasan  dan  preferensi  dilihat  dari  sisi  peserta  didik.
                 Belajar dalam perspektif pendidikan terbuka harus dianggap
                 sebagai proses pendidikan yang berlangsung sepanjang hayat
                 dimana  peserta  didik  merasakan  dan  mengalami  berbagai
                 fleksibilitas, terutama di luar pengaturan dan kelaziman yang
                 terjadi dan berlangsung dalam pembelajaran formal (klasikal
                 atau tatap muka).

                 Dengan   pemahaman     dan   pembatasan    seperti   ini,
                 sesungguhnya  manajemen  pendidikan  terbuka  merupakan
                 tata  cara  dan  tata  kelola  penyelenggaraan  pendidikan  yang
                 memenuhi  kaidah  manajemen  secara  umum.  Tiga  unsur
                 mendasar dari manajemen tidak dapat diabaikan, yang terdiri





                                          174
   174   175   176   177   178   179   180   181   182   183   184