Page 179 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 179
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
Dalam banyak situasi, istilah pendidikan terbuka, sekali lagi,
acap digunakan secara bergantian dengan pembelajaran
terbuka. Istilah pendidikan terbuka dalam keadaan tertentu
juga sulit dipisahkan dengan yang acap merujuk pada
istilah yang kita kenal dengan sebutan pembelajaran jarak
jauh. Harus disadari pula bahwa pendidikan terbuka tidak
selalu memanfaatkan sistem pendidikan jarak jauh. Istilah
keterbukaan dalam konteks ini lebih cenderung mengacu
pada organisasi atau lembaga pendidikan yang menawarkan
berbagai pilihan kepada peserta didik dengan memberi
kesempatan belajar dan cara belajar dengan beragam pilihan
dan tidak selalu sepenuhnya tergantung pada batasan atau
kendala ruang dan waktu.
Pendekatan pendidikan terbuka saat ini menjadi bersenyawa
dengan pembelajaran jarak jauh seiring perkembangan dan
pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi yang saling
melengkapi dalam praktik dan operasionalnya. Apalagi, dengan
menggejalanya kemajuan serta pemanfaatan e-learning dan
online learning yang memberi keleluasaan kepada peserta didik
dengan kemungkinan belajar yang lebih memperhitungkan
keterbatasan dan preferensi dilihat dari sisi peserta didik.
Belajar dalam perspektif pendidikan terbuka harus dianggap
sebagai proses pendidikan yang berlangsung sepanjang hayat
dimana peserta didik merasakan dan mengalami berbagai
fleksibilitas, terutama di luar pengaturan dan kelaziman yang
terjadi dan berlangsung dalam pembelajaran formal (klasikal
atau tatap muka).
Dengan pemahaman dan pembatasan seperti ini,
sesungguhnya manajemen pendidikan terbuka merupakan
tata cara dan tata kelola penyelenggaraan pendidikan yang
memenuhi kaidah manajemen secara umum. Tiga unsur
mendasar dari manajemen tidak dapat diabaikan, yang terdiri
174