Page 174 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 174

4. Pendidikan Terbuka dan Demokratisasi Pendidikan


               atau  telaah  sejawat,  dan  (8)  keterkaitan  teknologi  untuk
               efektivitas pembelajaran terbuka.


               Sejalan  dengan  itu,  pedagogi  terbuka  untuk  pendidikan
               terbuka  senantiasa  fokus  dan  mengutamakan  pada  kualitas
               pembelajaran, pembelajar dan fasilitator dalam dimensi sama-
               sama belajar, dan mendialogkan/mendiskusikan kemungkinan
               perubahan untuk perbaikan secara terus menerus.


               Untuk  memastikan  pedagogi  terbuka  sesuai  dengan
               pendidikan  terbuka,  lima  siklus  berikut  perlu  diperhatikan.
               Sekali  kita  sudah  siap  menyediakan  materi  atau  konten,
               misalnya,  harus  melakukan  antisipasi.  Lalu  diikuti  dengan
               refleksi baru kemudian dieksekusi. Setelah itu baru dievaluasi.
               Dengan menjalankan siklus sperti ini, maka secara perlahan
               dan  berkesinambungan  pedagogi  terbuka  untuk  pendidikan
               terbuka akhirnya akan menemukan kesesuaiannya.


               Pendidikan  terbuka  sebagai  suatu  sistem,  akhirnya  harus
               dikelola  sesuai  dengan  kaidah  umum  yang  berlaku  secara
               manajemen.  Kedelapan  basis  atribut  pedagogik  ditambah
               dengan  lima  siklus  penatakelolaan  seperti  diuraikan
               sebelumnya  merupakan  kombinasi  elemen  dasar  yang
               tidak  bisa  dipisahkan  satu  dengan  lainnya  mengupayakan
               pendidikan  terbuka  sebagai  satu  sistem  dapat  dijalankan
               dengan  keluaran  dan  impak  yang  tetap  memenuhi  standar
               kualitas yang diharuskan.

               PENUTUP
               Efektivitas pendidikan terbuka akan ditentukan, ditinjau dari
               perspektif  manajemen  makro,  tiga  kerangka  dasar.  Ketiga
               kerangka tersebut terkait dengan visi di  level startegis,
               operasional di level taktis, dan aspek regulasi di level eksekusi.
               Pada level strategis, pendidikan terbuka harus bervisi terbuka





                                          169
   169   170   171   172   173   174   175   176   177   178   179