Page 178 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 178
4. Pendidikan Terbuka dan Demokratisasi Pendidikan
Prof. Dr. Maximus Gorky Sembiring
MANAJEMEN
PENDIDIKAN TINGGI
TERBUKA: MODEL
UNIVERSITAS TERBUKA
PENDAHULUAN
Pendidikan Terbuka, dalam pembahasan ini, secara kontekstual
dimaknai sebagai kesempatan yang dapat dimanfaatkan oleh
siapa saja dengan berbagai ragam latar belakang berbeda
dengan pembatasan persyaratan yang sangat lentur. Secara
lebih khusus pendidikan terbuka dalam pembahasan ini
sering pula secara bergantian dinayatakan dengan istilah
pembelajaran terbuka. Pendidikan terbuka, secara lebih
spesifik, menggambarkan situasi belajar di mana peserta
didik memiliki fleksibilitas untuk memilih dari berbagai pilihan
dalam kaitannya dengan waktu, tempat, metode pengajaran,
moda akses, dan faktor-faktor lain yang terkait dengan proses
belajar mereka.
Dapat dipahami bahwa dari perspektif ini situasi atau proses
pembelajaran harus terbuka untuk semua orang, dalam
keadaan apa pun, di mana pun, dan kapan pun.
173