Page 178 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 178

4. Pendidikan Terbuka dan Demokratisasi Pendidikan




                    Prof. Dr. Maximus Gorky Sembiring







                             MANAJEMEN
                     PENDIDIKAN TINGGI

                        TERBUKA: MODEL
                   UNIVERSITAS TERBUKA








               PENDAHULUAN
               Pendidikan Terbuka, dalam pembahasan ini, secara kontekstual
               dimaknai sebagai kesempatan yang dapat dimanfaatkan oleh
               siapa  saja  dengan  berbagai  ragam  latar  belakang  berbeda
               dengan  pembatasan  persyaratan  yang  sangat  lentur.  Secara
               lebih  khusus  pendidikan  terbuka  dalam  pembahasan  ini
               sering  pula  secara  bergantian  dinayatakan  dengan  istilah
               pembelajaran  terbuka.  Pendidikan  terbuka,  secara  lebih
               spesifik,  menggambarkan  situasi  belajar  di  mana  peserta
               didik memiliki fleksibilitas untuk memilih dari berbagai pilihan
               dalam kaitannya dengan waktu, tempat, metode pengajaran,
               moda akses, dan faktor-faktor lain yang terkait dengan proses
               belajar mereka.


               Dapat dipahami bahwa dari perspektif ini situasi atau proses
               pembelajaran  harus  terbuka  untuk  semua  orang,  dalam
               keadaan apa pun, di mana pun, dan kapan pun.






                                          173
   173   174   175   176   177   178   179   180   181   182   183