Page 180 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 180
4. Pendidikan Terbuka dan Demokratisasi Pendidikan
mulai dari unsur perencanaan, pengorganisasian sampai
dengan evaluasi. Artinya, manajemen pendidikan terbuka
sesungguhnya tidak berbeda dengan pengelolaan pendidikan
yang sudah kita kenal dalam sistem pendidikan yang bukan
dikategorisasikan dalam istilah pendidikan terbuka.
MODEL PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN TERBUKA
Secara klasik, dikenal berbagai model penyelenggaran
pendidikan terbuka yang menggejala di seantero dunia.
Pendidikan terbuka menjadi fenomenal seiring pesatnya
perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan
komunikasi. Akibatnya, terjadi pergeseran bersifat revolusioner
secara sistematis, terstruktur dan masif dalam konteks
pengelolaan pendidikan. Sejalan dengan itu, revolusi industri
yang sebelumnya dipicu gelombang globalisasi memaksa
kertebukaan secara cepat dalam berbagai sisi kehidupan
masyarakat, termasuk dan terutama di bidang pendidikan.
Artinya, proses dan prosedural pembelajaran bergeser
(digeser) ke pendekatan berbeda dengan yang sudah dikenal
sebelumnya secara fundamental dan signifikan. Pergeseran ini,
suka atau tidak suka, rela atau terpaksa, menggerakkan tiap
pemangku kepentingan pendidikan menjadi masuk di dalam
pusaran perubahan mendasar dimaksud. Perubahan tersebut
menuju ke arah pendidikan terbuka yang dalam banyak hal tak
dapat dipisahkan dengan sistem pendidikan jarak jauh.
Sebelum masuk pada pembahasan model penyelenggaraan
pendidikan terbuka yang secara praktis sudah berlangsung
selama ini di Universitas Terbuka, ada baiknya kita mengenal
terlebih dahulu model-model yang sudah ada dan sampai
sekarang masih relevan dan digunakan banyak institusi di
berbagai negara. Istilah yang akrab di telinga kita, mengacu
pada konteks yang relatif luas, antara lain apa yang disebut
sebagai pembelajaran daring, pembelajaran elektronik,
175