Page 181 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 181
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
pembelajaran virtual, pembelajaran jarak jauh, pembelajaran
fleksibel, pembelajaran berbasis komputer, dan pembelajaran
interaktif. Dalam skala relatif lebih sempit, kita juga akrab dan
kenal dengan istilah yang disebut pembelajaran individual,
pembelajaran berbasis sumber, dan pembelajaran yang
digerakkan oleh diri sendiri. Tiap model ini memiliki definisi
masing-masing dan batasan tersediri pula yang bisa digunakan
sesuai dengan konteks yang relevan di dalam implementasi
dan operasionalnya.
MODEL PENYELENGGARAAN UNIVERSITAS TERBUKA
Sistem dasar model penyelenggaraan pendidikan secara
umum dapat dikelompokkan menjadi dua bagian utama, yaitu
sistem pendidikan tatap muka dan sistem pendidikan jarak
jauh. Tulisan ini akan mengelaborasi lebih jauh terkait dengan
sistem pendidikan jarak jauh dalam perspektif pendidikan
terbuka. Pembahasan selanjutnya akan lebih difokuskan
lagi dalam tataran tata kelola, yaitu manajemen pendidikan
terbuka dan model penyelenggaraan yang diejawantahkan
dalam 35 tahun ini di dan oleh Universitas Terbuka (UT).
Dalam operasionalnya, UT menganut manajemen dan
pengelolaan yang dibingkai dalam satu kesatuan, yang disebut
sebagai sistem pendidikan tinggi terbuka jarak jauh (PTTJJ).
Sejauh ini, sistem PTTJJ dianggap sebagai terobosan yang pas
karena mampu menembus kendala ruang dan waktu dalam
konteks Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dan sebagian
besar penduduknya justru mengalami keterbatasan dalam
hal akses ke sistem pendidikan yang sudah ada (klasikal atau
tatap muka). Secara diagramatis, penyelenggaraan Universitas
Terbuka, dalam konteks PTTJJ, dapat dilustrasikan sebagaimana
diuraikan dalam Gambar 1 berikut ini.
176