Page 181 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 181

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 pembelajaran virtual, pembelajaran jarak jauh, pembelajaran
                 fleksibel, pembelajaran berbasis komputer, dan pembelajaran
                 interaktif. Dalam skala relatif lebih sempit, kita juga akrab dan
                 kenal  dengan  istilah  yang  disebut  pembelajaran  individual,
                 pembelajaran  berbasis  sumber,  dan  pembelajaran  yang
                 digerakkan oleh diri sendiri. Tiap model ini memiliki definisi
                 masing-masing dan batasan tersediri pula yang bisa digunakan
                 sesuai  dengan  konteks  yang  relevan  di  dalam  implementasi
                 dan operasionalnya.


                 MODEL PENYELENGGARAAN UNIVERSITAS TERBUKA
                 Sistem  dasar  model  penyelenggaraan  pendidikan  secara
                 umum dapat dikelompokkan menjadi dua bagian utama, yaitu
                 sistem  pendidikan  tatap  muka  dan  sistem  pendidikan  jarak
                 jauh. Tulisan ini akan mengelaborasi lebih jauh terkait dengan
                 sistem  pendidikan  jarak  jauh  dalam  perspektif  pendidikan
                 terbuka.  Pembahasan  selanjutnya  akan  lebih  difokuskan
                 lagi dalam tataran tata kelola, yaitu manajemen pendidikan
                 terbuka  dan  model  penyelenggaraan  yang  diejawantahkan
                 dalam 35 tahun ini di dan oleh Universitas Terbuka (UT).

                 Dalam  operasionalnya,  UT  menganut  manajemen  dan
                 pengelolaan yang dibingkai dalam satu kesatuan, yang disebut
                 sebagai  sistem  pendidikan  tinggi  terbuka  jarak  jauh  (PTTJJ).
                 Sejauh ini, sistem PTTJJ dianggap sebagai terobosan yang pas
                 karena mampu menembus kendala ruang dan waktu dalam
                 konteks Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dan sebagian
                 besar  penduduknya  justru  mengalami  keterbatasan  dalam
                 hal akses ke sistem pendidikan yang sudah ada (klasikal atau
                 tatap muka). Secara diagramatis, penyelenggaraan Universitas
                 Terbuka, dalam konteks PTTJJ, dapat dilustrasikan sebagaimana
                 diuraikan dalam Gambar 1 berikut ini.









                                          176
   176   177   178   179   180   181   182   183   184   185   186