Page 185 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 185
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
(3) dilayani dengan prima, (4) mendapat pengakuan (semua
program studi dan institusi terakreditasi), dan (5) mendukung
karir para lulusan(diakui dalam semua bidang pekerjaan, di
lingkungan instansi Pemerintah dan swasta).
Kelima tuntutan ini akan terpenuhi dan membuat mahasiswa/
lulusan memenuhi standar yang diinginkan (mengacu pada
karakteristik generasi emas: cerdas, berkarakter, dan inovatif).
Cerdas, sebagai modal utama insan Indonesia menuju 2045,
bagi yang menuntut ilmu dan lulus dari sistem PTTJJ, harus
sama baiknya dengan lulusan dari sistem lain (yaitu cerdas:
spiritual, emosional, intelektual, dan fisikal). Selain itu, dengan
sistem PTTJJ yang terpadu, lulusan akan memiliki karakter
dengan nilai keindonesiaan yang tinggi (religius, sadar hak asasi
manusia, cinta tanah air, berjiwa demokratis, dan menjunjung
tinggi asas kebersamaan).
Apakah dengan tatanan dasar pengelolaan dan model
penyelenggaraan seperti yang diuraikan tersebut sudah
memiliki dasar keyakinan kita akan menghasilkan keluaran
yang berkualitas? Jawaban terhadap pertanyaan reflektif di
atas akan lebih mengena dan berdasar jika sejumlah asumsi
dapat dipenuhi. Asumsi- asumsi dimaksud memang mutlak
ada dan saling menopang satu dengan yang lain agar tidak ada
keraguan bahwa keluaran sistem PTTJJ tidak dapat disetarakan
dengan sistem tatap muka (klasikal). Untuk sederhananya,
diperlukan sejumlah unsur lain, agar secara sistem, PTTJJ
saling menopang dan menguatkan dalam mendukung upaya
pengembangan dan peningkatan modal insani Indonesia.
EKOSISTEM PTTJJ UNTUK INDONESIA EMAS
Dalam satu-dua dasawarsa terakhir, kecenderungan
pemanfaatan sistem PTTJJ semakin menggejala. Pada konferensi
International Council for Open and Distance Education (ICDE)
180