Page 187 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 187

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 Moda untuk menyampaikan, meski melalui sistem PTTJJ, bukan
                 hanya  dalam  bentuk  daring  (online)  saja  tetapi  juga  dalam
                 bentuk bauran. Untuk sistem bauran dalam sistem PTTJJ harus
                 dilakukan dimana dianggap perlu. Artinya, dalam sistem PTTJJ
                 yang dianut dan diejawantahkan melalui Universitas Terbuka
                 tidak semua disampaikan melaui sistem daring secara penuh.
                 Ada juga bagian layanan yang disiapkan serta diselenggarakan
                 secara luring.


                 Dari  segi  model,  mengacu  ke  sistem  pembelajaran  terbuka
                 (SUAKA), misalnya disiapkan dan disampaikan dalam bentuk
                 massive  open  online  courses  (MOOCs)  dan/atau  open
                 educational resources (OER). Bersamaan dengan keberadaan
                 MOOCs dan OER, dari sisi efektivitas, sistem PTTJJ juga bernas
                 jika  disipakan  sesuai  kaidah  pembelajaran  agar  menunjang
                 capaian  kinerja  akademik.  Tujuannya,  untuk  memastikan
                 persistensi dan loyalitas mahasiswa karena didukung kualitas
                 produk  (bahan  ajar,  bantuan  belajar,  dan  evaluasi),  dan
                 manajemen sumber daya manusia dilihat dari sisi institusional.
                 Hal ini penting ditilik mengingat kondisi abad ini yang ditandai
                 dengan  VUCA  (volatile,  uncertain,  complex, dan  ambigue).
                 Dalam situasi seperti ini, yang pasti adalah ketidakpastian. Oleh
                 sebab itu, kita, Universitas Terbuka dalam sistem PTTJJ, harus
                 mampu  mencermati  kondisi  saat  ini  dengan  cara  pandang
                 yang berbeda (Catatan: if nothing is certain, everything is then
                 possible).


                 Kilas  balik  perjalanan  Universitas  Terbuka  dalam  konteks
                 sistem PTTJJ dapat dipartisi dan dilihat dari periodisasi waktu
                 secara kronologis.  Periode 1984-1992,  Universitas Terbuka
                 misalnya, masuk pada fase pendirian. Periode 1992-2000 ada
                 dalam  fase  pengembangan.  Periode  2001-2009  ada  dalam
                 fase  pemantapan.  Periode  2009-2017  masuk  dalam  fase
                 rekonsolidasi, karena pergeseran dan perubahan lingkungan





                                          182
   182   183   184   185   186   187   188   189   190   191   192