Page 190 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 190

4. Pendidikan Terbuka dan Demokratisasi Pendidikan


               Guna  menjamin  efektivitas  mengadopsi  ketiga  isu  kritis
               tersebut, tuntutan end-users (pengguna keluaran) dan second
               end-users  (mahasiswa/lulusan)  penting  disimak.  Tuntutan
               dari end-users dan second end-users akan terkendali baik jika
               model  bisnis  Universitas  Terbuka  tidak  saling  asing  dengan
               kementerian/lembaga terkait dan lembaga pendidikan, baik di
               tingkat Nasional apa lagi di tingkat Global.

               Mengapa?  Secara  konseptual  dan  empiris,  sistem  PTTJJ
               hanya optimal mengelola semua sumber daya yang ada jika
               bersinergi secara integratif. Kemitraan simbiosis mutualisme
               menjadi keharusan. Simbiosis dalam konteks ini dimaksudkan
               semata untuk mengasilkan produk secara efektif dan efisien
               dengan tingkat kinerja dan produktivitas berkualitas tinggi

               Untuk  itu,  Universitas  Terbuka  wajib  mempertimbangkan
               ekosistem secara terpadu sedemikian rupa sehingga mampu
               memiliki  program  berkualitas,  ekspertis  mumpuni,  jaringan
               menyatu-selaraskan, dan fasiltas lengkap-memadai. Ini penting
               diupayakan agar sistem PTTJJ tidak mengingkari prinsip dasar
               menghasilkan keluaran yang cerdas dan berkarakter. Muatan
               keunggulan di luar STEAM (Science, Technology, Engineering,
               Arts,  dan  Mathematics)  sebagaimana  yang  dituntut  dalam
               PISA  tetap  perlu  diintegrasikan  agar  memenuhi  tuntutan
               bercirikan  karakter  keindonesiaan.  Muatan  utama  yang
               harus diintegrasikan terkait dengan bidang seni, budaya, dan
               utamanya  kental  dengan  unsur  kerohanian  sesuai  dengan
               nilai-nilai keindonesiaan yang utuh.

               Ekosistem  seperti  ini,  yang  terus  menerus  ditingkatkan
               dan  dilengkapi,  menuntut  Universitas  Terbuka  senantiasa
               melakukan  reposisi  dalam  kancah  sistem  pendidikan  tinggi
               Indonesia. Reposisi Universitas Terbuka dengan tetap dalam
               kerangka sistem PTTJJ secara berkala dan berkesinambungan





                                          185
   185   186   187   188   189   190   191   192   193   194   195