Page 193 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 193

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 Koordinasi  Nasional,  Integrasi  Riset  dan  Inovasi,  30  Januari
                 2020. Presiden menantang dunia riset, sekaligus mendorong
                 kegiatan  riset  tidak  sekedar  membuat  laporan.  Riset  harus
                 solutif  dan  aplikatif  agar  mampu  menyelesaikan  persoalan
                 bangsa agar bangsa yang besar ini selamat berselancar di abad
                 21 (Kompas, 31 Januari 2020).

                 Akhirnya, UT juga harus selalu membuat terobosan berbasis
                 riset untuk memastikan sistem PTTJJ yang sudah dianut dan
                 dijalankan  sampai  dengan  sejauh  ini  (menjelang  36  tahun)
                 tetap eksis. Tetap eksis berkontribusi membangun Indonesia
                 dengan  sistem  yang  juga  selalu  adaptif  terhadap  setiap
                 guncangan. Sejauh ini, tatanan dasar sistem PTTJJ sebagaimana
                 diuraikan  sebelumnya,  masih  dianggap  relevan  dan  positip
                 sebagai  upaya  menghasilakn  lulusan  yang  berkarakter  dan
                 memiliki daya saing global.


                 Upaya  dan  konribusi  UT  yang  sejak  awal  didirikan  sampai
                 dengan  memasuki  usia  ke-36  pada  4  September  2020
                 merupakan  ikhtiar  tanpa  henti  membuka  akses  layanan
                 pendidikan  tinggi  bagi  seluruh  lapisan  insan  Indonesia
                 dimanapun berada. Sesuai dengan apa yang telah dijalankan
                 dan  sebagaimana  dicapai  per  saat  ini,  merupakan  upaya
                 berkelanjutan  melakukan  demokratisasi  pendidikan  melalui
                 pendekatan pendidikan terbuka. Dalam konteks ini, UT yang
                 menggunakan  sistem  PTTJJ  merupakan  langkah  nyata  dan
                 tepat  menunjang  pembangunan  dan  pengembangan  modal
                 insani  kita  sesuai  kebutuhan  dan  tuntutan  perkembangan
                 zaman dan peradaban.


                 Upaya  dan  pendekatan  pendidikan  terbuka  dalam  bingkai
                 demokratisasi  pendidikan  hendak  menggenapi  satu  dari
                 empat  tujuan  luhur  kita  dalam  berbangsa  dan  bernegara:
                 Mencerdaskan Kehidupan Bangsa!





                                          188
   188   189   190   191   192   193   194   195   196   197   198