Page 197 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 197
5. Pendidikan Terbuka dan Keadilan Ekonomi
Prof. Tian Belawati, Ph.D.
TINJAUAN EKONOMI
PENDIDIKAN TERBUKA
JARAK JAUH
Tinjauan aspek ekonomi pada bidang pendidikan selalu
menarik karena terkait langsung dengan isu efektifitas
biaya. Hal ini bukan saja karena akan membantu pengambil
keputusan untuk memilih sistem dan strategi alternatif
untuk pendidikan, tetapi dalam beberapa kasus, ini juga
merupakan alat untuk mengukur akuntabilitas keputusan
politik. Di negara-negara seperti Indonesia, keputusan untuk
mengadopsi sistem pendidikan jarak jauh (SPJJ) sangat politis
karena merupakan jawaban untuk memecahkan masalah
sosial tentang kesetaraan akses warga negara Indonesia pada
pendidikan berkualitas tinggi.
Secara umum, aspek ekonomi pendidikan sebagai suatu kajian
baru mulai berkembang di awal tahun 1960an (Rumble, 2004).
Awalnya, fokus kajian ekonomi pendidikan bertujuan untuk
mengkuantifikasi manfaat ekonomi dari investasi individual
dan negara dalam pendidikan, serta untuk melihat efisiensi
penggunaan dana masyarakat. Artinya, pada tatanan makro,
isu ekonomi pendidikan selalu dikaitkan dengan seberapa
besar manfaat ekonomi yang diperoleh dari pembiayaan
193

