Page 197 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 197

5. Pendidikan Terbuka dan Keadilan Ekonomi




                          Prof. Tian Belawati, Ph.D.







                     TINJAUAN EKONOMI
                   PENDIDIKAN TERBUKA

                              JARAK JAUH








               Tinjauan  aspek  ekonomi  pada  bidang  pendidikan  selalu
               menarik  karena  terkait  langsung  dengan  isu  efektifitas
               biaya. Hal ini bukan saja karena akan membantu pengambil
               keputusan  untuk  memilih  sistem  dan  strategi  alternatif
               untuk  pendidikan,  tetapi  dalam  beberapa  kasus,  ini  juga
               merupakan  alat  untuk  mengukur  akuntabilitas  keputusan
               politik. Di negara-negara seperti Indonesia, keputusan untuk
               mengadopsi sistem pendidikan jarak jauh (SPJJ) sangat politis
               karena  merupakan  jawaban  untuk  memecahkan  masalah
               sosial tentang kesetaraan akses warga negara Indonesia pada
               pendidikan berkualitas tinggi.

               Secara umum, aspek ekonomi pendidikan sebagai suatu kajian
               baru mulai berkembang di awal tahun 1960an (Rumble, 2004).
               Awalnya,  fokus  kajian  ekonomi  pendidikan  bertujuan  untuk
               mengkuantifikasi  manfaat  ekonomi  dari  investasi  individual
               dan  negara  dalam  pendidikan,  serta  untuk  melihat  efisiensi
               penggunaan dana masyarakat. Artinya, pada tatanan makro,
               isu  ekonomi  pendidikan  selalu  dikaitkan  dengan  seberapa
               besar  manfaat  ekonomi  yang  diperoleh  dari  pembiayaan




                                          193
   192   193   194   195   196   197   198   199   200   201   202