Page 200 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 200
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
misalnya, mengelompokkan biaya menjadi biaya pribadi
(household costs) dan biaya institusional (institutional
costs). Biaya pribadi merupakan biaya yang dikeluarkan
oleh peserta didik yang biasanya dapat dibagi lagi menjadi
biaya pribadi langsung dan tidak langsung. Biaya pribadi
langsung adalah biaya yang benar-benar dikeluarkan siswa,
sedangkan biaya pribadi tidak langsung adalah biaya yang
tidak benar-benar dikeluarkan tetapi merupakan kerugian/
kehilangan kesempatan untuk memperoleh pendapatan.
Biaya institusional merupakan biaya yang dikeluarkan oleh
penyelenggara program PJJ yang biasanya dibagi menjadi
biaya tetap dan variabel. Biaya tetap adalah biaya yang tidak
tergantung pada jumlah peserta didik (seperti gaji dan upah,
pemeliharaan, dsb.). Sedangkan biaya variabel adalah biaya
yang besarnya tergantung pada jumlah peserta didik (seperti
biaya produksi bahan belajar, dsb.). Dari komponen biaya
ini saja sudah dapat dilihat bahwa penghitungan besaran
biaya pendidikan sangat kompleks dan tergantung pada
berbagai faktor. Oleh karena itu, upaya membandingkan biaya
dua sistem pendidikan yang berbeda (jarak jauh dan tatap
muka) harus dilakukan dengan cermat agar konteks menjadi
comparable, dan hasilnya harus dibaca dengan cermat pula
agar tidak salah dalam mengambil kesimpulan dan kebijakan.
Walaupun demikian, banyak studi yang melakukan analisis
biaya dan membandingkan biaya pendidikan jarak jauh dan
tatap muka. Seperti dikutip Rumble (2004), studi-studi yang
dilakukan oleh Garrison tahun 1993, Wagner tahun 1972 dan
1977, dan Reddy pada 1993, menemukan bahwa pendidikan
jarak jauh memang memiliki efektivitas-biaya yang tinggi
karena memiliki skala operasi yang cukup besar dan mencapai
tingkat economy of scale. Secara umum, Daniel (1996), Jung
& Rha (2000), Perraton (dalam Rumble, 2004), dan Belawati
(2006) menyimpulkan bahwa:
196