Page 203 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 203
5. Pendidikan Terbuka dan Keadilan Ekonomi
oleh UT. Namun demikian, walaupun bersifat agregat dan
kasar, perbandingan biaya rata-rata mahasiswa per tahun
antara UT yang menerapkan sistem pendidikan jarak jauh
dengan UI, UGM, dan UNRI yang menggunakan sistem
pendidikan tatap muka dengan rasio dosen:mahasiswa sekitar
1:20 dapat memberikan gambaran kebutuhan pembiayaan
yang cukup berbeda.
Penghitungan biaya dalam contoh Daniel maupun Indonesia
memang hanya berdasarkan biaya institusional dan belum
memperhitungkan biaya personal (termasuk opportunity
cost) yang ditanggung mahasiswa. Namun demikian, secara
logika mahasiswa pada sistem pendidikan jarak jauh tentu
tidak harus menanggung biaya akomodasi (kost, dsb.) dan
transportasi seperti yang harus ditanggung oleh mahasiswa
yang berkuliah di kampus. Opportunity cost yang ditanggung
mahasiswa sistem pendidikan jarak jauh bisa lebih besar
karena umumnya mereka sudah bekerja, namun demikian
mahasiswa umumnya tetap bekerja sambil kuliah sehingga
secara logika seharusnya tidak mengurangi penghasilan utama
mereka secara signifikan.
Walaupun banyak studi yang mengindikasikan bahwa
sistem pendidikan jarak jauh lebih efisien dalam hal biaya,
UNESCO (2002) menekankan bahwa kekuatan pendidikan
jarak jauh bukan pada efisiensi biaya yang diperlukan tetapi
pada kemampuannya membuka akses pendidikan kepada
masyarakat yang ditargetkan.
EFEKTIVITAS BIAYA MEDIA DALAM SPJJ
Seiring dengan perkembangan pemanfaatan teknologi, arah
analisis biaya manfaat juga berkembang ke arah pencarian
teknologi yang paling efektif namun efisien. Seperti
disebutkan, isu efektivitas-biaya penggunaan media tertentu
199