Page 203 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 203

5. Pendidikan Terbuka dan Keadilan Ekonomi


               oleh  UT.  Namun  demikian,  walaupun  bersifat  agregat  dan
               kasar,  perbandingan  biaya  rata-rata  mahasiswa  per  tahun
               antara  UT  yang  menerapkan  sistem  pendidikan  jarak  jauh
               dengan  UI,  UGM,  dan  UNRI  yang  menggunakan  sistem
               pendidikan tatap muka dengan rasio dosen:mahasiswa sekitar
               1:20  dapat  memberikan  gambaran  kebutuhan  pembiayaan
               yang cukup berbeda.

               Penghitungan biaya dalam contoh Daniel maupun Indonesia
               memang  hanya  berdasarkan  biaya  institusional  dan  belum
               memperhitungkan  biaya  personal  (termasuk  opportunity
               cost)  yang  ditanggung  mahasiswa.  Namun  demikian,  secara
               logika  mahasiswa  pada  sistem  pendidikan  jarak  jauh  tentu
               tidak  harus  menanggung  biaya  akomodasi  (kost,  dsb.)  dan
               transportasi  seperti  yang  harus  ditanggung  oleh  mahasiswa
               yang berkuliah di kampus. Opportunity cost yang ditanggung
               mahasiswa  sistem  pendidikan  jarak  jauh  bisa  lebih  besar
               karena  umumnya  mereka  sudah  bekerja,  namun  demikian
               mahasiswa  umumnya  tetap  bekerja  sambil  kuliah  sehingga
               secara logika seharusnya tidak mengurangi penghasilan utama
               mereka secara signifikan.


               Walaupun  banyak  studi  yang  mengindikasikan  bahwa
               sistem  pendidikan  jarak  jauh  lebih  efisien  dalam  hal  biaya,
               UNESCO  (2002)  menekankan  bahwa  kekuatan  pendidikan
               jarak jauh bukan pada efisiensi biaya yang diperlukan tetapi
               pada  kemampuannya  membuka  akses  pendidikan  kepada
               masyarakat yang ditargetkan.

               EFEKTIVITAS BIAYA MEDIA DALAM SPJJ
               Seiring  dengan  perkembangan  pemanfaatan  teknologi,  arah
               analisis  biaya  manfaat  juga  berkembang  ke  arah  pencarian
               teknologi  yang  paling  efektif  namun  efisien.  Seperti
               disebutkan, isu efektivitas-biaya penggunaan media tertentu





                                          199
   198   199   200   201   202   203   204   205   206   207   208