Page 206 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 206

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 &  Wright,  1999)  dan  menyimpulkan  bahwa  memang  ada
                 keterbatasan  metodologi  untuk  membandingkan  efektivitas
                 biaya  pendidikan  online  dengan  sistem  pendidikan  lainnya.
                 Walaupun  demikian,  Jung  menyebutkan  bahwa  secara
                 umum  pembelajaran  yang  dilakukan  secara  online  memiliki
                 efektivitas-biaya yang lebih tinggi dari pembelajaran di dalam
                 kelas, dan hal ini utamanya disebabkan oleh lebih besarnya
                 jumlah peserta didik serta lebih rendahnya opportunity cost
                 peserta  didik  dalam  pembelajaran  online.  Lebih  jauh,  Tiffin
                 and  Rajasingham  (1995  dalam  Rumble,  2004)  menyatakan
                 bahwa  skema  pembelajaran  kelas  maya  memungkinkan
                 dilayaninya  peserta  didik  dengan  jumlah  yang  hampir
                 tidak  terbatas  tanpa  biaya  tambahan  untuk  gedung  dan
                 pemeliharaannya, utilitas (listrik, air), hanya perlu biaya untuk
                 membuat interface dimana pengajar dan peserta didik dapat
                 mengakses kelas maya tersebut yang biaya rata-ratanya akan
                 menurun seiring dengan meningkatnya jumlah peserta didik
                 yang memanfaatkannya. Dengan demikian, kelas maya lebih
                 efisien jika peserta didiknya banyak.

                 PENUTUP
                 Upaya  untuk  membandingkan  sistem  pendidikan  jarak  jauh
                 dan  tatap  muka  bersifat  kompleks.  Untuk  penghitungan
                 efektivitas-biaya  perlu  dilakukan  dengan  terperinci  dan
                 cermat. Apalagi jika hasilnya akan digunakan untuk membuat
                 kebijakan, khususnya apabila akan memilih jenis media dan
                 teknologi  tertentu.  Perbandingan  biaya  atas  manfaat  yang
                 diukur yang bersifat agregat memang dapat digunakan sebagai
                 indikasi,  namun  perlu  dibaca  secara  cautious  mengingat
                 efektivitas-biaya dipengaruhi oleh berbagai faktor terkait skala
                 operasi dan jenis teknologi yang digunakan.

                 Secara  lebih  spesifik,  faktor-faktor  yang  mempengaruhi
                 biaya pada sistem pendidikan jarak jauh diantaranya adalah:





                                          202
   201   202   203   204   205   206   207   208   209   210   211