Page 205 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 205
5. Pendidikan Terbuka dan Keadilan Ekonomi
ini secara langsung akan mempengaruhi jenis media yang
digunakan, dan selanjutnya media yang dipilih juga akan
berbeda-beda biayanya tergantung ‘kemampuan’nya dalam
memenuhi pertimbangan SECTION tersebut.
Sebagai ilustrasi, berdasarkan meta analisis atas beberapa
studi sebelumnya, Melmed (1995) menyimpulkan bahwa
computer-based instruction (CBI) terbukti menjadi katalis
untuk meningkatkan hasil belajar dan efektivitas-biaya.
Kemudian, suatu studi eksperimen untuk membandingkan
efektivitas biaya pelatihan self-care pada pasien stoma
dengan menggunakan multimedia dan tatap muka yang
dilakukan oleh Lo dkk. (2010) juga menunjukkan bahwa
penggunaan multimedia menurunkan biaya dan meningkatkan
pengetahuan, sikap dan perilaku akan self-care dari pasien-
pasien stoma. Artinya, efektivitas-biaya pelatihan dengan
menggunakan multimedia lebih tinggi dari pelatihan secara
tatap muka.
Dalam perkembangan 20 tahun terakhir, perhatian mengenai
efektivitas-biaya media ini terutama dikaitkan dengan semakin
intensifnya penggunaan media online. Dua pertanyaan pokok
yang sering didiskusikan, yaitu: (1) apakah pendidikan dengan
menggunakan teknologi baru lebih efisien dari pendidikan di
dalam kelas, dan (2) apakah pendidikan dengan menggunakan
teknologi baru lebih efisien dari penggunaan teknologi
generasi sebelumnya (yaitu teknologi cetak, siaran, dan multi-
media non-komputer seperti video yang umumnya merupakan
medium utama pendidikan jarak jauh sebelum era teknologi
informasi dan komunikasi).
Terkait dengan ini, Jung (2003) mereview beberapa studi
(termasuk studi Bartolic-Zlomislic & Bates, 1999; Bartolic-
Zlomislic & Brett, 1999; Jung & Leem, 2001; Jung, 2003;Whalen
201