Page 205 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 205

5. Pendidikan Terbuka dan Keadilan Ekonomi


               ini  secara  langsung  akan  mempengaruhi  jenis  media  yang
               digunakan,  dan  selanjutnya  media  yang  dipilih  juga  akan
               berbeda-beda  biayanya  tergantung  ‘kemampuan’nya  dalam
               memenuhi pertimbangan SECTION tersebut.

               Sebagai  ilustrasi,  berdasarkan  meta  analisis  atas  beberapa
               studi  sebelumnya,  Melmed  (1995)  menyimpulkan  bahwa
               computer-based  instruction  (CBI)  terbukti  menjadi  katalis
               untuk  meningkatkan  hasil  belajar  dan  efektivitas-biaya.
               Kemudian,  suatu  studi  eksperimen  untuk  membandingkan
               efektivitas  biaya  pelatihan  self-care  pada  pasien  stoma
               dengan  menggunakan  multimedia  dan  tatap  muka  yang
               dilakukan  oleh  Lo  dkk.  (2010)  juga  menunjukkan  bahwa
               penggunaan multimedia menurunkan biaya dan meningkatkan
               pengetahuan,  sikap  dan  perilaku  akan  self-care dari  pasien-
               pasien  stoma.    Artinya,  efektivitas-biaya  pelatihan  dengan
               menggunakan  multimedia  lebih  tinggi  dari  pelatihan  secara
               tatap muka.


               Dalam perkembangan 20 tahun terakhir, perhatian mengenai
               efektivitas-biaya media ini terutama dikaitkan dengan semakin
               intensifnya penggunaan media online. Dua pertanyaan pokok
               yang sering didiskusikan, yaitu: (1) apakah pendidikan dengan
               menggunakan teknologi baru lebih efisien dari pendidikan di
               dalam kelas, dan (2) apakah pendidikan dengan menggunakan
               teknologi  baru  lebih  efisien  dari  penggunaan  teknologi
               generasi sebelumnya (yaitu teknologi cetak, siaran, dan multi-
               media non-komputer seperti video yang umumnya merupakan
               medium utama pendidikan jarak jauh sebelum era teknologi
               informasi dan komunikasi).

               Terkait  dengan  ini,  Jung  (2003)  mereview  beberapa  studi
               (termasuk  studi  Bartolic-Zlomislic  &  Bates,  1999;  Bartolic-
               Zlomislic & Brett, 1999; Jung & Leem, 2001; Jung, 2003;Whalen





                                          201
   200   201   202   203   204   205   206   207   208   209   210