Page 204 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 204

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 dalam sistem pendidikan jarak jauh mulai menjadi perhatian
                 setelah  The  Open  University  di  Inggris  menggunakan  media
                 siaran televisi menjadi media utama pembelajarannya. Biaya
                 investasi pemanfaatan teknologi siaran saat itu sangat tinggi
                 sehingga  banyak  yang  kemudian  mempertanyakan  apakah
                 efektivitas penggunaan siaran televisi terhadap pembelajaran
                 sepadan dengan biaya yang harus dikeluarkan.

                 Konsep analisis efektivitas-biaya (cost-effectiveness analsysis
                 atau CEA) dianggap lebih sesuai dalam mengevaluasi efisiesi
                 dan  efektivitas  program  pendidikan,  termasuk  program  PJJ,
                 karena dalam CEA, manfaat tidak perlu diterjemahkan kedalam
                 nilai  uang,  dan  dirancang  untuk  membandingkan  biaya  dan
                 manfaat dari dua atau lebih alternatif program yang bertujuan
                 serupa (Levin & McEwan, 2003; McEwan, 2012).

                 Bates  (2019)  menyebutkan  bahwa  pemilihan  media  untuk
                 pendidikan  harus  memperhatikan  faktor  SECTIONS,  yaitu:
                 (1)  Student  –  siapa,  bagaimana  aksesibilitasnya,  dan
                 bagaimana cara belajarnya (2) Ease of Use – seberapa mudah
                 penggunaannya,  (3)  Cost  –  berapa  biaya  pengembangan,
                 penyampaian,  dan  pemeliharaannya,  (4)  Teaching  functions
                 (pedagogical  affordances)  –  seberapa  baik  fungsinya  untuk
                 memfasilitasi  desain  pembelajaran  yang  akan  dilakukan,  (5)
                 Interactions  –  seberapa  baik  fungsinya  untuk  memfasilitasi
                 interaksi  antara  peserta  didik  dengan  pengajar,  peserta
                 didik dengan konten, dan antar-peserta didik itu sendiri, (6)
                 Organizational issues – apa yang harus dilakukan organisasi
                 untuk  mendukung  penggunaan  media  tersebut,  (6)
                 Networking  –  seberapa  baik  fungsinya  untuk  memfasilitasi
                 peserta  didik  untuk  melakukan  networking  dengan  sumber
                 belajar di luar lingkungan belajar utamanya (kelas, kampus),
                 dan (7) Security and Privacy – seberapa baik fungsinya dalam
                 menjaga  keamanan  dan  privasi  peserta  didik.  Faktor-faktor





                                          200
   199   200   201   202   203   204   205   206   207   208   209