Page 199 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 199

5. Pendidikan Terbuka dan Keadilan Ekonomi


               Pada  penyelenggaraan  pendidikan  jarak  jauh  pun,  skema
               penyelenggaraan  sangat  bervariasi  mulai  dari  yang  masih
               sepenuhnya  berbasis  bahan  ajar  tercetak  dengan  bantuan
               tutorial  tatap  muka  (semacam  blended)  dengan  kadar  yang
               juga  berbeda-beda,  hingga  yang  sepenuhnya  online.  Oleh
               karena  itu,  kajian  ekonomi  sistem  pendidikan  jarak  jauh
               menjadi  lebih  kontekstual  dan  tidak  lagi  concern dengan
               memperbandingkan antara pendidikan tatap muka dan jarak
               jauh  maupun  antara  media  yang  digunakan.  Tujuan  analisis
               biaya manfaat lebih ditekankan kepada analisis untuk upaya
               efisiensi dalam penyelenggaraan.

               EFEKTIVITAS BIAYA SPJJ VS SISTEM PENDIDIKAN
               TATAP MUKA
               Biaya pendidikan biasanya diukur dalam satuan biaya total per
               tahun per peserta didik, biaya per jam belajar (baca: learning),
               atau  biaya  per  lulusan.  Perhitungan  biaya  total  meliputi
               biaya tetap dan biaya variabel yang dipengaruhi oleh jumlah
               peserta  didik.  Oleh  karena  itu,  banyak  negara  mengadopsi
               sistem  pendidikan  jarak  jauh  dengan  asumsi  bahwa  sistem
               ini  akan  dapat  menampung  peserta  didik  dalam  jumlah
               yang besar sehingga biaya per peserta didik menjadi rendah
               atau  lebih  rendah  dari  biaya  pendidikan  sistem  tatap  muka
               yang  kapasitas  daya  tampungnya  lebih  terbatas.  Keputusan
               adopsi sistem pendidikan jarak jauh dengan alasan biaya ini
               juga  berkaitan  dengan  peningkatan  jumlah  penduduk  suatu
               negara yang harus diberi layanan pendidikan. Sehingga, alasan
               suatu negara mengadopsi sistem pendidikan jarak jauh pada
               umumnya adalah untuk meningkatkan akses warga negaranya
               pada layanan sistem pendidikan yang mereka sediakan, dan
               tentu dengan biaya per peserta didik yang lebih terjangkau.

               Ada  beberapa  pendekatan  yang  sering  digunakan  untuk
               melakukan  analisis  biaya  program  pendidikan.  Tsang  (1988)





                                          195
   194   195   196   197   198   199   200   201   202   203   204