Page 201 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 201

5. Pendidikan Terbuka dan Keadilan Ekonomi


               •  sistem pendidikan jarak jauh seperti yang diterapkan oleh
                   mega universities (berdasarkan 11 universitas terbuka di
                   berbagai negara yang memiliki jumlah mahasiswa diatas
                   100  ribu  orang)  terbukti  dapat  meningkatkan  kapasitas
                   universitas secara dramatis dengan biaya yang jauh lebih
                   rendah;
               •  secara  umum  literatur  menunjukkan  bahwa  sistem
                   pendidikan jarak jauh lebih efisien (efektivitas biaya lebih
                   tinggi)  dibandingkan  dengan  sistem  pendidikan  tatap
                   muka;
               •  sistem  pendidikan  jarak  jauh  tampaknya  memang  lebih
                   menarik dari aspek ekonomi dibandingkan dengan sistem
                   pendidikan konvensional yang tatap muka; dan
               •  sistem pendidikan jarak jauh dapat menjadi lebih efisien
                   jika  sudah  mencapai  economy  of  scale  (jumlah  peserta
                   didik yang cukup besar).


               Sebagai  ilustrasi,  Daniel  (1996,  1998)  menyebutkan  bahwa
               biaya  rata-rata  per  mahasiswa  per  tahun  di  11  mega-
               universities  (dihitung  dari  anggaran  keseluruhan  kesebelas
               universitas  tersebut  dibagi  dengan  2,8  juta  mahasiswa
               yang  dilayani  oleh  kesebelas  universitas  tersebut)  adalah
               USD350. Biaya ini jauh lebih kecil (2,8%) dari biaya rata-rata
               per mahasiswa per tahun 3,500 universitas di Amerika yang
               hanya melayani 14 juta mahasiswa sebesar USD12,500, dan
               lebih  kecil  (3,5%)  dari  biaya  rata-rata  per  mahasiswa  per
               tahun 182 universitas di Inggris yang hanya melayani 1,6 juta
               mahasiswa  sebesar  USD10,000.  Walaupun  perbandingan
               biaya ini sangat kasar karena hanya menggabungkan besaran
               anggaran  dibagi  dengan  jumlah  total  mahasiswa,  serta
               tidak  mempertimbangkan  berbagai  perbedaan  konteks  dan
               desain  pembelajaran  yang  dilakukan,  namun  data  ini  dapat
               menginspirasi  banyak  negara  untuk  melihat  potensi  sistem
               pendidikan  jarak  jauh  sebagai  strategi  pemberian  layanan
               pendidikan kepada warganegaranya secara lebih efisien.



                                          197
   196   197   198   199   200   201   202   203   204   205   206