Page 207 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 207

5. Pendidikan Terbuka dan Keadilan Ekonomi


               jumlah  peserta  didik  yang  dilayani,  jumlah  matakuliah  yang
               ditawarkan,  masa  pakai  bahan  ajar,  frekuensi  revisi  bahan
               ajar,  teknologi  yang  digunakan,  cara  penggunaan  teknologi,
               desain pembelajaran dan desain interaksi, intensitas layanan
               kepada mahasiswa oleh staf, struktur organisasi, mekanisme
               kerja,  struktur  penggajian,  serta  proporsi  staf  inti  dan  staf
               tambahan yang ada di institusi pendidikan tersebut (Rumble,
               2004; Bates, 2019). Walaupun demikian, secara umum hasil-
               hasil  riset  menunjukkan  secara  konsisten  bahwa  sistem
               pendidikan  jarak  jauh  tampaknya  memang  lebih  menarik
               dari aspek ekonomi dibandingkan dengan sistem pendidikan
               konvensional  yang  tatap  muka  (Perraton  dalam  Rumble,
               2014). Dengan kata lain, studi yang mempelajari efektivitas-
               biaya sistem pendidikan jarak jauh, baik pada tatanan institusi
               maupun media, menyimpulkan bahwa sistem pendidikan jarak
               jauh memiliki efektivitas biaya yang lebih tinggi dibandingkan
               dengan sistem pendidikan tatap muka. Hal ini mengindikasikan
               bahwa penggunaan dana masyarakat untuk pendidikan jarak
               jauh  berpotensi  memberikan  keadilan  ekonomi  yang  lebih
               tinggi karena layanan/manfaatnya dapat dinikmati oleh lebih
               banyak orang.


               REFERENSI
               Bates,  T.  (1995).  Technology,  open  learning  and  distance
                     education. New York: Rouledge.
               Bates,  A.W.  T.  (2019).  Teaching  in  a  digital  age.  Guidelines
                     for designing teaching and learning. Diunduh pada 26
                     Februari 2020  dari  https://teachonline.ca/teaching-in-
                     a-digital-age/teaching-in-a-digital-age-second-edition.
               Belawati, T. (1997). The anatomy of Universitas Terbuka’s cost
                     structure.  Unpublished  article  for  internal  seminar.
                     Jakarta: Universitas Terbuka.
               Belawati, T. (2006). Financial management system in open and
                     distance learning: An example at Universitas Terbuka.
                     Educom Asia, 12(1), September 2006.



                                          203
   202   203   204   205   206   207   208   209   210   211   212