Page 186 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 186

4. Pendidikan Terbuka dan Demokratisasi Pendidikan


               di Dublin pada tahun 2019 misalnya, sudah dinyatakan bahwa
               sistem pendidikan jarak jauh sudah disebut sebagai the new
               normal.  Sistem  PTTJJ  juga  sudah  bertransformasi  dari  satu
               model  ke  model  lainnya.  Seiring  berjalannya  waktu,  sistem
               PTTJJ senantiasa semakin canggih dan semakin mudah serta
               semain terbuka secara akses dilihat dari sisi pengguna layanan.
               Kemudahan  akses  antara  lain  menurunnya  kendala  dari  sisi
               penyelengara  dan  pengguna.  Dalam  perjalanannya,  telah
               terjadi pergeseran generasi sistem pendidikan jarak jauh dari
               waktu ke waktu. Saat ini, sistem PTTJJ sudah berada dalam
               Generasi Kelima, yang disebut dengan “The Intelligent Flexible
               Learning Model.” Model-model generasi sebelumnya secara
               berturutan adalah: (1) Correspondence Model, (2) Multimedia
               Model,  (3)  Telelearning  Model,  (4)  Flexible  Learning  Model.
               Karakteristik dari Model Generasi Kelima ini dianggap sudah
               menjawab kearguan keluaran sistem PTTJJ.


               Dalam sistem PTTJJ penguasaan terhadap kompetensi tetap
               menjadi prioritas. Apalagi sejak gencarnya pengenalan istilah
               merdeka  belajar  dan  kampus  merdeka  di  penghujung  2019
               lalu.  Kompetensi,  termasuk  dalam  kaitannya  dengan  daya
               tahan  bangsa,  tergantung  dari  apa  dan  bagaiman  semua
               disiapkan, mulai dari materi dan model pembelajaran sampai
               dengan  moda  sistem  pendidikan,  dalam  hal  ini  termasuk
               sistem PTTJJ yang dianut.


               Kompetensi dalam konteks keluaran dari sistem PTTJJ tentu
               saja  mempertimbangkan  keterampilan  apa  yang  dituntut  di
               abad 21 dan ke depan. Pengembangan dan penyediaan materi
               melalui sistem PTTJJ juga mengacu ke tuntutan keterampilan
               abad 21. Dan, semua harus disediakan dalam beragam jenis
               (program  akademik,  vokasional,  dan  penguatan  kecakapan
               hidup)  seperti  inspirasi  yang  dimuat  dalam  video  Menteri
               Pendidikan  dan  Kebudayaan  Nadiem  A.  Makarim  tentang
               Kampus Merdeka (29 Januari 2020).



                                          181
   181   182   183   184   185   186   187   188   189   190   191