Page 24 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 24

~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~   7



                     Transformasi Pendidikan Konvensional ke
                                 Pendidikan Jarak Jauh

                           Nong Ayu Triyanti Utami Hakim, S.I.P., M.I.P.


                                 “Nothing Endures, but Change.”
                                        - H e r a c l e t o s  -

               PROLOG


                   Pendidikan merupakan kebutuhan primer dalam sebuah negara. Dapat
               dikatakan  bahwa  keberhasilan  suatu  negara  bergantung  pada  kualitas
               sumber  daya  manusia  (SDM)  yang  dimiliki.  Sementara  itu,  kualitas  SDM
               tersebut  dapat  diukur,  salah satunya  oleh  jenjang  pendidikan  yang  telah
               dicapai oleh masyarakatnya.
                   Dalam  prosesnya,  masyarakat  umum  mengenal  pendidikan  yang
               dilaksanakan secara tatap muka dengan ceramah seorang pendidik kepada
               anak didiknya dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Hal ini biasa
               disebut  sebagai  pendidikan  konvensional  dan  dinilai  paling  mumpuni
               sehingga memunculkan keraguan akan pendidikan jarak jauh. Sebelumnya,
               pendidikan  jarak  jauh  seolah  ‘melawan  arus’  dalam  metode  pendidikan
               formal yang ada di Indonesia. Namun, kini transformasi pendidikan jarak
               jauh telah diuntungkan dengan adanya masa pandemi Covid-19. Diakui atau
               tidak,  pandemi  Covid-19  telah  meruntuhkan  masa  kejayaan  pendidikan
               konvensional dan dimulainya kejayaan baru pendidikan jarak jauh.
                   Keraguan akan pendidikan jarak jauh mulai terbantahkan, bahkan kini
               pendidikan jarak jauh dilaksanakan secara berjamaah dan menjadi sesuatu
               yang  mainstream.  Terlepas  dari  pro  dan  kontra  pelaksanaan  pendidikan
               jarak  jauh  di  Indonesia,  mulai  dari  kesiapan,  baik  secara  teknis  maupun
               metode  pembelajaran,  pada  kenyataannya  pendidikan  jarak  jauh  telah
               d i k u k u h k a n   s e b a g a i   s a l a h   s a t u   s o lusi melaksanakan pendidikan di  t e n g a h
               pandemi Covid-19.
                   Dengan adanya solusi tersebut, negara berusaha untuk tidak alpa dalam
               memenuhi    kewajiban   memberikan   pendidikan   kepada   seluruh
               masyarakatnya sesuai dengan titah UUD 1945, mencerdaskan kehidupan
   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29