Page 23 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 23
~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~ 5
Yang menarik lainnya adalah aspek pedagogi. Dari aspek ini, UT tidak
hanya menyediakan fasilitas pembelajaran yang dapat diakses dengan
mudah. Bahkan, sejak awal, UT memberikan pembelajaran bagi
mahasiswanya agar memiliki keterampilan belajar dalam menjalankan
sistem PJJ, yaitu dalam program yang disebut PKBJJ atau pelatihan
keterampilan belajar jarak jauh. Hal ini merupakan salah satu praktik baik
dalam penyelenggaraan pendidikan, yaitu peserta didik dari awal diberikan
kesadaran bahwa proses pendidikan yang akan dijalankan menuntut inisiatif
dan kemandirian yang tinggi dari mereka sendiri, kemampuan untuk
mengetahui bagaimana cara mempelajari dan memahami sesuatu, serta
kemampuan mengukur diri sendiri.
Saat ini, UT mempunyai mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia,
bahkan daerah terpencil dan juga dari luar negeri yang berasal dari latar
belakang ekonomi dan sosial yang sangat beragam. Ini menunjukkan bahwa
landasan utama PJJ telah berhasil diaplikasikan oleh UT.
PJJ ADALAH MASA DEPAN DUNIA PENDIDIKAN
Seorang praktisi pendidikan bernama Claudia Ingkiriwang memandang
bahwa PJJ bukan hanya metode dalam situasi new normal, melainkan masa
depan dunia pendidikan. Claudia beranggapan bahwa pendidikan harus
dapat mencetak anak yang adaptif, mandiri, dan memiliki pendidikan yang
komprehensif. Pada sistem PJJ, seperti yang telah dibahas di atas,
keberhasilannya sangat ditentukan oleh kemandirian peserta didik sehingga
PJJ sangat mungkin memberikan proses pembiasaan untuk membentuk
karakter anak yang independen.
Pandangan yang menunjukkan nilai visioner ini seharusnya dapat
membuka pikiran bahwa sekolah atau belajar bukan lagi soal ruang. PJJ
seyogianya adalah wujud optimisme bangsa dalam rangka meningkatkan
kesejahteraan melalui pendidikan.
Terakhir, seperti halnya there is no best method in teaching, tidak ada
pula sistem pendidikan yang terbaik. Setiap hal tentu memiliki kelebihan dan
kekurangannya masing-masing. Seyogianya evaluasi dan improvisasi terus
diupayakan menyesuaikan diri dengan perkembangan dan kebutuhan
masyarakat pada umumnya. Yang jelas, selama seluruh komponen dalam
sistem bekerja dengan semestinya, pembelajarannya akan berjalan dengan
efektif dan mencapai keberhasilan. Demikian halnya sebuah proses
pembelajaran, entah itu tatap muka atau jarak jauh.