Page 21 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 21

~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~   3



               dalam melaksanakan proses pembelajaran tanpa hadir ke sekolah. Hal ini
               tentu saja sangatlah wajar, terutama karena pelaksanaannya lebih karena
               alasan  darurat  Covid-19.  Menjadi  sebuah  pekerjaan  rumah  bagi  para
               pembuat  kebijakan  bidang  pendidikan  khususnya  di  Indonesia  untuk
               merumuskan kembali alur, aturan, ataupun tata laksana pendidikan jarak
               jauh. Rumusan yang paling dapat diadaptasi oleh seluruh komponen yang
               terlibat di sektor sekolah karena sampai saat ini kebijakan pendidikan jarak
               jauh  hanya  diatur  oleh  pemerintah  pada  tatanan  pendidikan  tinggi.
               Barangkali  alasan  utamanya  karena  sistem  PJJ  menuntut  adanya
               kemandirian yang tinggi dari peserta didik.

               PERSEPSI TERHADAP PJJ

                   Hal lainnya yang menjadi penting untuk dibicarakan mengenai keraguan
               sebagian orang terhadap PJJ adalah terkait dengan attitude atau persepsi
               orang  yang  skeptis  terhadap  hal-hal  baru  pada  umumnya.  Kebanyakan
               orang cenderung merasa nyaman memperoleh pembelajaran dalam zona
               pendidikan tatap muka yang telah dilihat dan dialami sejak dulu sehingga
               menimbulkan  keraguan  apakah  PJJ  dapat  memberikan  pelajaran  yang
               bermakna dan bermanfaat.
                   Sudah  saatnya  kita  semua  lebih  membuka  diri  terhadap  cara-cara
               belajar  baru,  mengingat  dinamika  berbagai  aspek  kehidupan  yang
               mencakup ideologi, politik, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan atau
               ipoleksosbudhankam  melaju  dengan  cepat  dan  menuntut  adanya
               transformasi   pendidikan   secara   menyeluruh.   Apalagi   dengan
               perkembangan teknologi dan internet, proses belajar dapat dilakukan kapan
               saja dan di mana saja, tidak ada lagi batasan ruang dan waktu.

               KEBERHASILAN PJJ


                   PJJ ternyata memiliki konsep teori yang kuat. Lalu, mengapa sebagian
               orang  meremehkan  keberhasilan  pendidikan  melalui  sistem  ini?  Jika
               membicarakan  masalah  keberhasilan,  peserta  didik  berarti  membahas
               efektif tidaknya proses pendidikan yang dilakukan. Efektivitas pendidikan
               adalah selalu menjadi hal utama yang harus diperhatikan, tidak hanya saat
               bicara  tentang  PJJ.  Maka  dari  itu,  agar  pembelajarannya  efektif,  proses
               dalam PJJ tentunya perlu direncanakan dan didesain dengan baik.
   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26