Page 22 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 22

4  ~ Antologi CPNS ~


             Tian  Belawati  menyebutkan  bahwa  kualitas  pembelajaran  dalam  PJJ
          bergantung  pada  tiga  aspek.  Yang  pertama  adalah  aspek  ketersediaan
          infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang memadai, baik
          pada  penyelenggara  maupun  peserta  didik.  Instansi  penyelenggara
          pendidikan jarak jauh harus didukung dengan berbagai perangkat TIK untuk
          menjalankan proses PJJ yang efektif, begitu pula peserta didik yang terlibat
          dalam  proses  PJJ.  Tanpa  perangkat  TIK,  tentu  saja  mereka  tidak  akan
          terhubung dengan akses pembelajarannya. Aspek kedua yang menentukan
          kualitas pembelajaran PJJ adalah aspek pedagogis yang meliputi tahapan
          awal atau perencanaan, tahapan inti atau proses belajar mengajar (PBM),
          dan tahapan akhir atau asesmen. Tahap perencanaan terkait dengan model
          pembelajaran  yang  akan  diimplementasikan.  Pengelola  PJJ  harus
          menerapkan  ini  sejak  awal  agar  model  pembelajaran  yang  berlangsung
          n a n t i n y a   s e s u a i   d e n g a n   k a r a k t e r i s t i k   p e s e r t a   d i d i k   y a n g   a k a n   m  e nerima
          pembelajaran  PJJ  tersebut.  Kemudian,  pada  tahapan  proses  belajar
          mengajar, hal-hal seperti kurikulum yang digunakan, metode pengajaran,
          proses umpan balik, dan hal teknis lainnya dalam proses belajar mengajar
          direncanakan dengan baik. Aspek terakhir yang tidak kalah penting adalah
          komitmen manajemen yang mendukung penyelenggaraan PJJ. Dukungan ini
          mutlak diperlukan karena sistem pengelolaan PJJ meliputi berbagai elemen
          akademis dan nonakademis yang harus saling terintegrasi dan terkoordinasi.

          POTRET PJJ UNIVERSITAS TERBUKA

             Di  Indonesia,  Universitas  Terbuka  (UT)  didirikan  sebagai  lembaga
          pendidikan tinggi pertama yang menerapkan sistem pendidikan jarak jauh.
          Tujuan  awal  didirikan  UT  adalah  meningkatkan  daya  tampung  sistem
          pendidikan tinggi negeri bagi lulusan SMA, meningkatkan kualifikasi guru
          dalam jabatan, dan memberikan kesempatan luas kepada orang yang sudah
          bekerja  untuk  menempuh  pendidikan  tinggi.  Seiring  dengan  berjalannya
          waktu, sistem pembelajaran di UT sangat relevan dengan perkembangan
          teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
             Untuk mendukung pelaksanaan PJJ, UT memiliki Unit Pelaksana Teknis
          Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  yang  didukung  oleh  sumber  daya
          manusia  yang  memadai,  khususnya  dalam  bidang  TIK.  Selain  itu,  di  UT,
          terdapat   unit   khusus   yang   mengembangkan   sendiri   materi
          pembelajarannya, baik itu dalam bentuk cetak maupun multimedia.
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27