Page 29 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 29
12 ~ Antologi CPNS ~
Berbicara tentang pendidikan jarak jauh, di Indonesia sudah ada
puluhan tahun lamanya. Kehadiran UT sendiri menjadi cikal bakal
pendidikan tinggi jarak jauh dewasa ini. Istilah jarak jauh pada laman ut.ac.id
berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, tetapi
menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun noncetak
(audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi).
Penekanan pembelajaran melalui media karena adanya keterpisahan
jarak inilah yang menjadi pembeda antara konvensional dan jarak j a u h .
Dengan adanya perbedaan dan perubahan paradigma yang biasanya
berlangsung sangat alot untuk sampai benar-benar diterima oleh
masyarakat luas, seketika diuntungkan oleh adanya pandemi Covid-19 yang
serta-merta memaksa masyarakat untuk menerima pendidikan jarak jauh.
Meskipun sebelumnya tidak sedikit peminat pendidikan jarak jauh d i U T ,
dengan pandemi ini semakin menguatkan ‘kebangkitan’ pendidikan jarak
jauh.
TRANSFORMASI PENDIDIKAN DAN KESIAPAN AKAN PERUBAHAN
Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, dapat kita ketahui bahwa
masa pandemi Covid-19 ‘memaksa’ seluruh masyarakat menerapkan
protokol kesehatan. Berbagai kebijakan diterapkan pemerintah, mulai dari
physical distancing dan stay at home sehingga berbagai kegiatan, seperti
bekerja, sekolah, dan beribadah, dilakukan di rumah. Kedaruratan akan
kondisi tersebut mendorong masyarakat untuk belajar secara jarak jauh.
Inilah yang disebut dengan transformasi pendidikan konvensional ke
pendidikan jarak jauh.
Dewasa ini, tidak sedikit yang mengupas pendidikan jarak jauh pada
perkembangan teknologi dan informasi pada abad ke-21. Salah satunya
dikemukakan oleh Taylor seperti yang dikutip oleh Tian Belawati ( 2 0 1 9 )
dalam bukunya yang berjudul Pembelajaran Online. Taylor (Belawati, 2019)
menyebutkan bahwa terdapat sedikitnya lima generasi model dalam
pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam pendidikan
jarak jauh, yaitu model korespondensi, model multimedia, model
telelearning, model pembelajaran fleksibel, dan model pembelajaran
fleksibel cerdas (the intelligent flexible learning model). Mengacu pada hal
tersebut, dapat dikatakan bahwa pendidikan jarak jauh sendiri pun telah
bertransformasi sesuai dengan perkembangan zamannya serta
perkembangan akan teknologi dan informasi.