Page 29 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 29

12  ~ Antologi CPNS ~


             Berbicara  tentang  pendidikan  jarak  jauh,  di  Indonesia  sudah  ada
          puluhan  tahun  lamanya.  Kehadiran  UT  sendiri  menjadi  cikal  bakal
          pendidikan tinggi jarak jauh dewasa ini. Istilah jarak jauh pada laman ut.ac.id
          berarti  pembelajaran  tidak  dilakukan  secara  tatap  muka,  tetapi
          menggunakan  media,  baik  media  cetak  (modul)  maupun  noncetak
          (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi).
             Penekanan pembelajaran melalui media karena adanya keterpisahan
          jarak  inilah  yang  menjadi  pembeda  antara  konvensional  dan  jarak  j a u h .
          Dengan  adanya  perbedaan  dan  perubahan  paradigma  yang  biasanya
          berlangsung  sangat  alot  untuk  sampai  benar-benar  diterima  oleh
          masyarakat luas, seketika diuntungkan oleh adanya pandemi Covid-19 yang
          serta-merta memaksa masyarakat untuk menerima pendidikan jarak jauh.
          Meskipun sebelumnya tidak sedikit peminat pendidikan jarak jauh  d i   U T ,
          dengan pandemi ini semakin menguatkan ‘kebangkitan’ pendidikan jarak
          jauh.

          TRANSFORMASI PENDIDIKAN DAN KESIAPAN AKAN PERUBAHAN

             Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, dapat kita ketahui bahwa
          masa  pandemi  Covid-19  ‘memaksa’  seluruh  masyarakat  menerapkan
          protokol kesehatan. Berbagai kebijakan diterapkan pemerintah, mulai dari
          physical distancing dan stay at home sehingga berbagai kegiatan, seperti
          bekerja,  sekolah,  dan  beribadah,  dilakukan  di  rumah.  Kedaruratan  akan
          kondisi  tersebut  mendorong masyarakat  untuk belajar  secara  jarak  jauh.
          Inilah  yang  disebut  dengan  transformasi  pendidikan  konvensional  ke
          pendidikan jarak jauh.
             Dewasa ini, tidak sedikit yang mengupas pendidikan jarak jauh pada
          perkembangan  teknologi  dan  informasi  pada  abad  ke-21.  Salah  satunya
          dikemukakan  oleh  Taylor  seperti  yang  dikutip  oleh  Tian  Belawati  ( 2 0 1 9 )
          dalam bukunya yang berjudul Pembelajaran Online. Taylor (Belawati, 2019)
          menyebutkan  bahwa  terdapat  sedikitnya  lima  generasi  model  dalam
          pemanfaatan  teknologi  dalam  pendidikan,  khususnya  dalam  pendidikan
          jarak  jauh,  yaitu  model  korespondensi,  model  multimedia,  model
          telelearning,  model  pembelajaran  fleksibel,  dan  model  pembelajaran
          fleksibel cerdas (the intelligent flexible learning model). Mengacu pada hal
          tersebut, dapat dikatakan bahwa pendidikan jarak jauh sendiri pun telah
          bertransformasi   sesuai   dengan   perkembangan   zamannya   serta
          perkembangan akan teknologi dan informasi.
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34