Page 34 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 34
~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~ 17
metode daring dengan memanfaatkan berbagai aplikasi atau media daring
lainnya yang dapat mendukung proses belajar mengajar.
Transformasi metode pembelajaran tersebut tentu tidak mudah untuk
dilaksanakan. Dalam rentang waktu kurang lebih lima bulan metode daring
dilaksanakan, terdapat berbagai kendala dan hambatan. Banyak kalangan
menilai bahwa penerapan metode daring dengan sekelumit persoalan yang
ditimbulkan menjadi tidak efektif apabila dibandingkan dengan sistem
pembelajaran konvensional yang menggunakan metode tatap muka.
Walaupun demikian, pelaksanaan pendidikan harus tetap berjalan.
Proses belajar dan mengajar tidak boleh ditiadakan karena pandemi Covid-
19 tidak bisa diprediksi kapan berakhir. Adanya pandemi Covid-19 ini,
menurut penulis, memberikan pengalaman yang sangat luar biasa,
khususnya di bidang pendidikan. Mengapa? Karena, banyak pengetahuan
dan pelajaran yang kita peroleh. Semua orang yang berkecimpung di dunia
pendidikan mendadak harus “melek teknologi” dan paham “digital literasi”
serta hal positif lainnya yang dapat meningkatkan kemampuan yang
sebelumnya tidak terasah. Oleh karena itu, untuk dapat memaksimalkan
hasil pembelajaran dengan menerapkan sistem belajar jarak jauh yang
efektif dan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional—baik masa pandemi
Covid-19 maupun pascapandemi Covid-19—dan dengan menggunakan
metode daring, perlu adanya inovasi dan strategi tertentu agar dapat
terselenggara dengan baik, efektif, dan efisien.
PENTINGNYA INOVASI PELAKSANAAN PJJ MASA/PASCACOVID-19
Pada bagian ini, penulis awali dengan pertanyaan, mengapa inovasi itu
penting? Mengapa di dalam pembelajaran perlu adanya inovasi?
Menjawab pertanyaan di atas, penulis teringat ketika menempuh
pendidikan beberapa tahun yang lalu, mulai dari sekolah dasar sampai
pendidikan magister, penulis merasa tidak tertarik dan jenuh apabila
guru/dosen menyajikan materi pelajaran dengan gaya yang kaku dan
monoton, apalagi untuk jenis mata pelajaran yang agak berat, seperti
matematika, fisika, kimia, atau mata kuliah filsafat hukum, teori hukum, dan
yang lainnya ketika masih kuliah.
Waktu terasa begitu lama berlalu apabila berada pada jam pelajaran
guru atau dosen yang kaku dan monoton tersebut. Lain halnya jika
guru/dosen yang mengajar dengan tampilan penyajian materi pelajaran