Page 37 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 37
20 ~ Antologi CPNS ~
5. Networking, memiliki networking (jaringan) adalah salah satu hal sangat
penting yang mendukung keberhasilan dunia pendidikan.
6. Digital literate merupakan suatu kemampuan dalam menelusuri
sumber informasi yang berbasis digital/internet.
Dalam pembelajaran daring, guru merupakan titik sentral yang
diharapkan mampu membawakan materi pelajaran dengan metode yang
menyenangkan dan tidak monoton. Guru harus melakukan inovasi dalam
pembelajaran jarak jauh dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi
yang tersedia. Guru melakukan pembelajaran lewat aplikasi virtual meeting,
seperti Zoom, Microsoft Teams, Google Form, Google Meet, Whatsapp, dan
yang lainnya. Dalam pembelajaran daring, guru harus dapat menguasai dan
menggunakan fasilitas yang ada pada aplikasi atau media pembelajaran
lainnya sesuai dengan situasi, kondisi, dan jangkauan muridnya.
STRATEGI PJJ MASA/PASCAPANDEMI
Strategi pembelajaran merupakan satu rangkaian penting dalam
pendekatan sistem belajar mengajar. Rasionalnya, strategi pembelajaran
berhubungan langsung dengan pemilihan kegiatan pembelajaran yang
dipandang efektif dan efisien dalam memberikan pengalaman belajar siswa
mencapai tujuan pembelajaran (Suparlan Al Hakim & Sri Untari, 2018: 74).
Pembelajaran dalam masa pandemi Covid-19 ini perlu memperhatikan
strategi yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat terlaksana secara efektif
walaupun diselenggarakan dengan sistem jarak jauh melalui metode daring
atau metode lainnya. Menurut penulis, langkah strategis yang perlu
dilakukan dalam pembelajaran daring ini adalah memberikan bekal
kemampuan IT kepada orang tua atau wali murid dan guru yang masih
awam dalam penggunaan IT. Hal ini karena kunci utama pembelajaran
daring adalah kemampuan penguasaan IT oleh murid, orang tua, dan guru.
Apabila ketiga elemen tersebut dapat bersinergi, terutama dalam
penguasaan IT, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi
dapat terlaksana dengan optimal.
Kepala Staf Kepresidenan RI Jenderal TNI (Purn.) Dr. Moeldoko dalam
kegiatan KSF 5 yang diadakan oleh Universitas Terbuka pada 10 Juli 2020
menyampaikan bahwa proses transformasi pendidikan pada masa pandemi
Covid-19 meliputi tiga hal berikut.