Page 38 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 38
~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~ 21
1. Goals: optimalisasi pembelajaran daring.
2. Means: pemerataan akses internet.
3. Ways: gaya bahasa berubah, cara berpikir berubah, dan visual berubah.
Menurut Moeldoko (2020), optimalisasi pembelajaran daring dapat
dilakukan dengan strategi berikut.
1. Social media engagement melalui platform Instagram ataupun
Facebook yang akan meng-generate informasi terhadap segmentasi
anak-anak sehingga bisa menjadi media promosi.
2. Sosialisasi pihak sekolah kepada orang tua sehingga bisa melakukan
pembinaan ke anak/murid.
3. Konten-konten yang menarik dan atraktif agar menstimulasi murid
untuk aktif di PJJ.
4. Biaya PJJ dimurahkan dan kemungkinan bisa digratiskan pada saat pilot.
5. Challenge quiz yang menjawab akan mendapatkan reward atas prestasi
mereka.
6. PJJ akan menekankan pada efisiensi waktu dan fleksibilitas.
7. Menggunakan KOL (key opinion Leader) atau brand ambassador untuk
dijadikan sebagai promotor PJJ sehingga adanya ketertarikan
pengguna.
Sementara itu, Eko Indrajit yang merupakan seorang akademisi, pakar
teknologi informasi, dan direktur PGRI SLCC menguraikan lima langkah
strategis yang harus dilakukan institusi pendidikan masa/pascapandemi
Covid-19 sebagai berikut (kompas.com, diakses pada 9 Juni 2020).
1. Lakukan peninjauan kembali terhadap target pembelajaran yang ingin
dicapai agar secara rasional selaras dengan situasi dan kondisi baru
dalam new normal.
2. Identifikasi sumber daya yang perlu dimiliki dan diadakan agar tujuan
baru yang telah ditetapkan tersebut dapat dicapai dengan ketersediaan
yang ada.
3. Petakan situasi dan kondisi masing-masing guru dan siswa yang harus
bersiap-siap melakukan model pembelajaran berbasis blended learning
sebagaimana yang dirancang.
4. Kajilah gap antara kebutuhan dan ketersediaan untuk menyusun
langkah-langkah strategis dan operasional yang perlu segera dilakukan
untuk menjembataninya.