Page 38 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 38

~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~   21



               1.  Goals: optimalisasi pembelajaran daring.
               2.  Means: pemerataan akses internet.
               3.  Ways: gaya bahasa berubah, cara berpikir berubah, dan visual berubah.


                   Menurut  Moeldoko  (2020),  optimalisasi  pembelajaran  daring  dapat
               dilakukan dengan strategi berikut.
               1.  Social  media  engagement  melalui  platform  Instagram  ataupun
                   Facebook  yang  akan  meng-generate  informasi  terhadap  segmentasi
                   anak-anak sehingga bisa menjadi media promosi.
               2.  Sosialisasi  pihak  sekolah  kepada  orang  tua  sehingga  bisa  melakukan
                   pembinaan ke anak/murid.
               3.  Konten-konten  yang  menarik  dan  atraktif  agar  menstimulasi  murid
                   untuk aktif di PJJ.
               4.  Biaya PJJ dimurahkan dan kemungkinan bisa digratiskan pada saat pilot.
               5.  Challenge quiz yang menjawab akan mendapatkan reward atas prestasi
                   mereka.
               6.  PJJ akan menekankan pada efisiensi waktu dan fleksibilitas.
               7.  Menggunakan KOL (key opinion Leader) atau brand ambassador untuk
                   dijadikan  sebagai  promotor  PJJ  sehingga  adanya  ketertarikan
                   pengguna.

                   Sementara itu, Eko Indrajit yang merupakan seorang akademisi, pakar
               teknologi  informasi,  dan  direktur  PGRI  SLCC  menguraikan  lima  langkah
               strategis  yang  harus  dilakukan  institusi  pendidikan  masa/pascapandemi
               Covid-19 sebagai berikut (kompas.com, diakses pada 9 Juni 2020).
               1.  Lakukan peninjauan kembali terhadap target pembelajaran yang ingin
                   dicapai  agar  secara  rasional  selaras  dengan  situasi  dan  kondisi  baru
                   dalam new normal.
               2.  Identifikasi sumber daya yang perlu dimiliki dan diadakan agar tujuan
                   baru yang telah ditetapkan tersebut dapat dicapai dengan ketersediaan
                   yang ada.
               3.  Petakan situasi dan kondisi masing-masing guru dan siswa yang harus
                   bersiap-siap melakukan model pembelajaran berbasis blended learning
                   sebagaimana yang dirancang.
               4.  Kajilah  gap  antara  kebutuhan  dan  ketersediaan  untuk  menyusun
                   langkah-langkah strategis dan operasional yang perlu segera dilakukan
                   untuk menjembataninya.
   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43