Page 43 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 43

26  ~ Antologi CPNS ~


          dipakai anak-anak mereka belajar daring. Kampung dengan akses internet
          gratis  itu  bisa  menjadi  salah  satu  bentuk  motivasi  pada  masa-masa  tren
          pembelajaran daring ini. Bukan mengeluh saja, para warga berinisiatif saling
          membantu. Contoh baik tersebut tentu bisa menjadi cambuk kita semua
          bahwa kita dapat melakukan sesuatu di tengah keterbatasan.

          BATAS DAN MOTIVASI

             Setelah  membahas  suasana  pendidikan  prasekolah,  dasar,  dan
          menengah, kita beralih ke pendidikan tinggi. Pengaruh tren pembelajaran
          daring juga memiliki imbas yang signifikan pada proses belajar di perguruan
          tinggi.  Hampir  sebagian  besar  pembelajaran  di  perguruan  tinggi
          menggunakan modus tatap muka. Sebenarnya, tren pembelajaran daring
          tidak terlalu berpengaruh pada sebuah universitas negeri yang memelopori
          pendidikan tinggi jarak jauh, Universitas Terbuka (UT), terutama ketika UT
          mulai menerapkan sistem cyber university yang pembelajarannya terfokus
          pada daring.
             Namun, pembelajaran daring ini memengaruhi salah satu layanan yang
          difavoritkan mahasiswa yang tinggal di daerah-daerah minim akses internet
          ataupun mahasiswa yang berusia lanjut. Layanan tersebut, yakni layanan
          tutorial  tatap  muka  (TTM).  Modus  layanan  TTM  tersebut  mendadak
          dialihkan menjadi pembelajaran full daring yang bernama tutorial webinar
          (tuweb). Pelaksanaan tuweb tersebut menggunakan fasilitas dari Microsoft,
          yaitu Microsoft Teams (Ms. Teams). Secara keseluruhan, pelaksanaan tuweb
          berjalan dengan baik meskipun ada beberapa permasalahan dan kendala.
          Kejadian tersebut tak luput dialami juga oleh mahasiswa dari 18 kabupaten
          wilayah UPBJJ-UT Surabaya.
             Faktor utama kendala pelaksanaan tuweb, yakni permasalahan koneksi
          internet.  Meskipun  berada  di  pulau  dengan  penduduk  terpadat,  tidak
          menutup  kemungkinan  ada  beberapa  kecamatan  ataupun  daerah  yang
          masih tidak terjangkau oleh jaringan internet. Kendala lain, ada beberapa
          mahasiswa yang tidak memiliki gawai sendiri. Hal itu mengharuskan mereka
          meminjam milik sekolah ataupun keluarga yang lain. Secara tidak langsung,
          usaha mahasiswa-mahasiswa tersebut membuahkan hasil sehingga dapat
          mengikuti tuweb dengan baik.
             Jika  menelisik  lebih  jauh,  kendala  pembelajaran  daring  untuk
          mahasiswa lebih fokus pada kesediaan gawai dan akses internet. Banyak
   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48