Page 93 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 93

Cakrmmla /'('ndidikan  2



            Tenaga  pengajar,  sebagai  seorang  scholar,  selalu
     melakukan  introspeksi  diri  dan  merefleksikan  pengaiaman
     pembelajarannya.  Dalam  proses  refleksi.  ada  tiga  faktor  penting
     yang menjadi perhatian, ya1tu  apa, bagaimana, dan mengapa.
      1.  Apa  yang sudah saya  lakukan?
         'Apa',  dalam  hal  im,  mengacu  pada  materi,  aktivitas  dan
         keterlibatan  siswa,  dan  produk  dalam  pembelaJaran.  'Apa'
         juga  berarti  kebermaknaan  yang  dicapai  sebagai  hasil
         pembelajaran.
     2.  Bagaimana saya melakukan semua hal tersebut?
         'Bagaimana'  dalam  hal  ini  menunJukkan  cara  atau  strategi
         pembelaJaran  (media,  metode.  waktu,  keterlibatan  siswa.
         lingkungan  belajar).  serta  1enjang  keberhasilan  pencapaian
         (sudah  berhasil.  kurang  berhasil,  b1asa-biasa  saja,  gaga!)
         untuk mencapai kebermaknaan
     3.  Mengapa saya melakukan semua hal tersebut?
         'Mengapa'  dalam  hal  ini  menunjukkan  landasan  ilmiah  dan
         empiris  dari  suatu  praktek  atau  langkah.  Dengan  demikian,
         langkah  yang dilakukan  oleh seorang  tenaga  pengajar bukan
         sekedar  alas  dasar  'suka  a tau  tidak  suka',  'mudah  a tau
         sukar',  'orang  lain  melakukan  seperti  itu',  atau  'dulu  juga
         begitu'.  Dalam  hal  ini.  'mengapa'  juga  menunjukkan  bahwa
         tenaga  pengajar  akan  selalu  melakukan  penelitian  dan
         evaluasi  terhadap  efektivitas  langkah  yang  dilakukan  dan
         bukti-bukti empiris yang mendukung praktek yang ditempuh.

            Keterbukaan  terhadap  diri  sendiri,  dan  keterbukaan
     terhadap  berbagai  pihak  yang  berkepentingan  merupakan  ciri
     tenaga  pengajar sebagai  seorang  scholar.  Menurut  Boyer  (1 990,
     h. 6):
            " ... The  scholarship  of  teaching  affirms  the  fact
            that  the  work  of a  professional  is  consequential




                                                              77
   88   89   90   91   92   93   94   95   96   97   98