Page 98 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 98

1'1111111'11,  }.:11olitm  dalam



             materi,  lingkungan  bela jar,  dan  proses  pembelajaran.  Tenaga
             pengajar tidak dapat begitu  saja  mengeluh  kekurangan  peralatan,
             siswa maias. atau materi terialu banyak. kaiau dinnya sendiri tidak
             membuat  perancangan  pembelajaran.  Dengan  demikian,  faktor
             kuaiitas  harus  tampak  daiam  setiap  komponen  pembelajaran
             kual1tas.
                    Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat memper-
             lihatkan  seberapa  jauh  budaya  kualitas  sudah  menjadi  budaya
             dRiam suatu pembelajaran.
             1.  Mana  yang  leb1h  penting  bagi  tenaga  pengajar:  tenaga
                 pengajar  sibuk  mengajar dan  mengerjakan  tugas,  atau  siswa
                 sibuk beiajar dan mengerjakan tugas?
             2.   Apakah  semua  siswa  harus  mempelajari  materi  pembel-
                 a)aran  yang  sama  menggunakan  buku  yang  sama,  med1a
                 yang  sama,  cara  yang  sama?  Atau  bolehkah  siswa  mem-
                 pelajari materi yang sama menggunakan med1a  yang  berbeda
                 dan buku yang  berbeda?
             3.   Apakah  semua  siswa  harus  belajar dengan  cara  yang  sama
                 dan  kecepatan  yang  sama?  Atau  bolehkah  siswa  belajar
                dengan cara yang berbeda dan kecepatan yang berbeda?
             4.   Apakah  karakteristik  siswa  dapat  dikenal  dengan  lebih  baik
                jika  tenaga  pengajar  berbicara  kepada  siswa,  berbicara
                dengan siswa. atau  berb1cara tentang siswa?
             5.   Apakah  siswa  menjadi  lebih  mandiri  jika  mereka  selalu
                diberitahu  dan  diperintahkan  apa  yang  harus  mereka
                kerjakan?
             6.   Apakah  siswa  dapat  menyatakan  pendapatnya  tentang  apa
                yang  ingin  dipelajarinya  dan  bagaimana  cara  mempelajari-
                nya?
             7.  Apakah  siswa  dapat  memiliki  motivasi  untuk  berkompetisi
                dengan  sesamanya  jika  diberikan  standar  atau  jika
                dibandingkan dengan temannya.



            82
   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103