Page 98 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 98
1'1111111'11, }.:11olitm dalam
materi, lingkungan bela jar, dan proses pembelajaran. Tenaga
pengajar tidak dapat begitu saja mengeluh kekurangan peralatan,
siswa maias. atau materi terialu banyak. kaiau dinnya sendiri tidak
membuat perancangan pembelajaran. Dengan demikian, faktor
kuaiitas harus tampak daiam setiap komponen pembelajaran
kual1tas.
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat memper-
lihatkan seberapa jauh budaya kualitas sudah menjadi budaya
dRiam suatu pembelajaran.
1. Mana yang leb1h penting bagi tenaga pengajar: tenaga
pengajar sibuk mengajar dan mengerjakan tugas, atau siswa
sibuk beiajar dan mengerjakan tugas?
2. Apakah semua siswa harus mempelajari materi pembel-
a)aran yang sama menggunakan buku yang sama, med1a
yang sama, cara yang sama? Atau bolehkah siswa mem-
pelajari materi yang sama menggunakan med1a yang berbeda
dan buku yang berbeda?
3. Apakah semua siswa harus belajar dengan cara yang sama
dan kecepatan yang sama? Atau bolehkah siswa belajar
dengan cara yang berbeda dan kecepatan yang berbeda?
4. Apakah karakteristik siswa dapat dikenal dengan lebih baik
jika tenaga pengajar berbicara kepada siswa, berbicara
dengan siswa. atau berb1cara tentang siswa?
5. Apakah siswa menjadi lebih mandiri jika mereka selalu
diberitahu dan diperintahkan apa yang harus mereka
kerjakan?
6. Apakah siswa dapat menyatakan pendapatnya tentang apa
yang ingin dipelajarinya dan bagaimana cara mempelajari-
nya?
7. Apakah siswa dapat memiliki motivasi untuk berkompetisi
dengan sesamanya jika diberikan standar atau jika
dibandingkan dengan temannya.
82