Page 100 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 100

l'amu·n.  Kualilns  dalmn  PPmlwlajamn


            H.  Kesimpulan

                   Di  banyak  institusi  pendidikan,  pembelajaran  seringkali
            diasumsikan  akan  berjalan  dengan  sendirinya  sehingga  tidak
            memperoleh  perhatian  yang  cukup.  Kualitas  pembelajaran
            diasumsikan  sudah  tercapai  jika  secara  fisik  atau  kuantitatif
            proses  pembelajaran  Ielah  dijalankan.  Sementara  itu.   tenaga
            pengajar  lebih  merasa  bangga  menjadi  ahli  materi  dan  peneliti
            bidang  ilmu,  daripada  merasa  sebagai  scholar,  walaupun  ia
            adalah  seorang  guru  atau  dosen  yang  bekerja  pada  institusi
            pendidikan.  Proses  pembelajaran  seringkali  merupakan  sarana
            penyampaian  informasi  keilmuan  semata,  dari  tenaga  pengajar
            kepada siswa.
                   Kua!itas  dalam  pembelajaran  menawarkan  budaya
            pembelajaran  yang  berbeda,  budaya  yang  berbeda  bagi  tenaga
            pengajar  dan  budaya  yang  berbeda  bagi  proses  pembelajaran
            yang  berlangsung,  yaitu  budaya  kualitas.  Budaya  kualitas  dalam
            pembelajaran  menjadikan  pembelajaran  sebagai  suatu  proses
            yang terbuka bagi semua pihak yang berkepentingan.  Di samping
            keterbukaan,  budaya  kualitas  juga  memperkenalkan  kepada
            tenaga  pengajar  tentang  perlunya  seorang  tenaga  pengajar
            memiliki  kemampuan  profesional,  kepemimpinan.  reflektif,  dan
            belajar  sepanjang  hayat,  di  samping  penguasaan  bidang  ilmu,
            serta  keterampilan  dalam  strategi  pembelajaran.  Seorang  tenaga
            pengajar  yang  menjadi  scholar.  yang  mampu  membuat
            perbedaan dalam pembelajaran.
                   Budaya  kualitas  dalam  pembelajaran juga  memperkenal-
            kan  proses  pembelajaran  yang  akuntabel,  yang  terbuka  terhadap
            AvaluAsi  dari  berbagai  pihak  yang  berkepentingan.  Untuk  itu
            diperlukan  perancangan  proses  pembelajaran  yang  matang,
            sehingga  dapat  mencapai  kebermaknaan  melalui  beragam
            aktivitas  yang  didasarkan  pada tujuan  pembelajaran,  karakteristik




            84
   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105