Page 99 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 99
Cakrmmla Pendidtkan 2
8. Apakah pengalaman belajar menjadi lebih kaya jika
kebermaknaan disamakan dengan menghafal dan meng-
ingat?
Kualitas d<1lam pembelajaran biasanya era! dikaitkan
dengan standar dan mdikator kinerja. Pemenuhan standar dan
indikator kinerja merupakan wujud pencapaian kualitas dalam
pembelajaran. Standar dan indikator kinerja merupakan salah
satu alai manajemen yang dapat digunakan untuk memperlihat-
kan pembelajaran kualitas namun bukan kualitas itu sendiri.
Kualt!as dalam pembelaJaran tidak dapat diseragamkan,
walaupun berbasiskan pada standar. Kual1tas dalam pembela-
Jaran sangat bersifat kontekstual.
Kualitas clalam pembelaJaran dicapai secara bertahap,
dtmulal clan sesuatu yang kecil. sederhana. tapi berhasil, terus
menerus diperba1ki. dikembangkan dan diperkaya, serta terus
menerus dievaluasi dan d1refleksikRn. Sebagai seorang scholar
yang disiplin, memiliki komitmen tinggi. dan integritas, tenaga
pengajar memiliki kemampuan melakukan hal tersebut. Upaya-
upaya yang sederhana dan kecil tersebut menjadi model atau
'best practice· yang dapat d1diseminasikan kepada komunitas
pendidikan di sekelilingnya dan diadopsi oleh kolega tenaga
pengajar yang lam.
Kualitas dalam pembelajaran perlu dipelihara secara
terus menerus. Untuk itu diperlukan adanya mekanisme
penjaminan kualitas berbentuk monitoring. pengukuran, dan
pengembangan secara terus menerus. Penjaminan kualitas
merupakan upaya bersama antara tenaga pengajar dan pengelola
institusi pendtdikan.
83