Page 99 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 99

Cakrmmla Pendidtkan 2



      8.  Apakah  pengalaman  belajar  menjadi  lebih  kaya  jika
          kebermaknaan  disamakan  dengan  menghafal  dan  meng-
          ingat?
             Kualitas  d<1lam  pembelajaran   biasanya  era!  dikaitkan
      dengan  standar  dan  mdikator  kinerja.  Pemenuhan  standar  dan
      indikator  kinerja  merupakan  wujud  pencapaian  kualitas  dalam
      pembelajaran.  Standar  dan  indikator  kinerja  merupakan  salah
      satu  alai  manajemen  yang  dapat  digunakan  untuk  memperlihat-
      kan  pembelajaran  kualitas  namun  bukan  kualitas  itu  sendiri.
      Kualt!as   dalam   pembelaJaran   tidak   dapat  diseragamkan,
      walaupun  berbasiskan  pada  standar.  Kual1tas  dalam  pembela-
      Jaran sangat bersifat kontekstual.
             Kualitas  clalam  pembelaJaran  dicapai  secara  bertahap,
      dtmulal  clan  sesuatu  yang  kecil.  sederhana.  tapi  berhasil,  terus
      menerus  diperba1ki.  dikembangkan  dan  diperkaya,  serta  terus
      menerus  dievaluasi  dan  d1refleksikRn.  Sebagai  seorang  scholar
      yang  disiplin,  memiliki  komitmen  tinggi.  dan  integritas,  tenaga
      pengajar  memiliki  kemampuan  melakukan  hal  tersebut.  Upaya-
      upaya  yang  sederhana  dan  kecil  tersebut  menjadi  model  atau
      'best  practice·  yang  dapat  d1diseminasikan  kepada  komunitas
      pendidikan  di  sekelilingnya  dan  diadopsi  oleh  kolega  tenaga
      pengajar yang  lam.
             Kualitas  dalam  pembelajaran  perlu  dipelihara  secara
      terus  menerus.  Untuk  itu  diperlukan  adanya  mekanisme
      penjaminan  kualitas  berbentuk  monitoring.  pengukuran,  dan
      pengembangan  secara  terus  menerus.  Penjaminan  kualitas
      merupakan upaya bersama antara tenaga pengajar dan pengelola
      institusi pendtdikan.









                                                               83
   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104