Page 96 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 96

1'11111/1'1/,  Kualito1  rlnlo111  l'elll/Jcioiomn



             yang  memiliki  persepsi  yang  jelas  tentang  pengetahuan  dan
             keterampilan  apa  yang  seharusnya  dicapai  siswa  sehingga  ia
             memiliki  fokus  untuk  membangun  kebermaknaan  dalam  pembel-
             ajarannya.  Kebermaknaan  berarti  lebih  dari sekedar kemampuan
             mengingat.  Kebermaknaan  adalah  bagaimana  siswa  dapat
             mengemas  suatu  ide  atau  konsep  yang  dipelajarinya  dan
             memadukannya  ke  dalam  kehidupannya  sendiri.  Kebermaknaan
             berarti siswa memiliki ide tersebut.
                    Di  samping  kebermaknaan,  hal  penting  lain  dalam
             pemhelajaran  yang  berhasil  ialah  keterikatan.  Keterikatan  terjadi
             jika  pembelajaran  dapat  menarik  perhatian  siswa.  Keterikatan
             adalah  magnet yang akan terus mengikat perhatian dan komitmen
             siswa  selama  proses  pembelajaran  berlangsung.  Keterikatan
             biasanya  dapat  terjadi  melalui  ragam  aktivitas  yang  dilakukan
             cJalam  pembelajaran.  untuk  mengembangkan  imajinasi  siswa,
             menggugah  rasa  ingin  tahu  siswa.  memotivasi siswa untuk berani
             mengemukakan pendapat, dan menyentuh hatinya.
                    Ragam  aktivitas dapat dilakukan  dalam  pembelajaran jika
             tene1ga  pengajar mempunyai 'reper1oire of teaching' atau sejumlah
             strategi pembelajaran  yang  dapat berubah  dan  dimodifikasi setiap
             sae1t  diperlukan  dan  dapat  digunakan  dengan  secara  kreatif  oleh
             tenaga  pengajar sesuai dengan kebermaknaan  yang  ingin dicapai
             dalam  pembelajaran.  Berbekal  sejumlah  strategi  pembelajaran
             tersebut,  mengacu  pada  tujuan  yang  ingin  dicapai,  keragaman
             siswa,  dan  materi  pembelajaran,  ada  berbagai  cara  yang  dapat
             ditempuh  tenaga  pengajar.  Misalnya,  memvariasikan  beragam
             metode  dan  strategi  pembelajaran  yang  sudah  dikenal  atau
             mencoba berbagai  metode dan  strategi pembelajaran baru seperti
             problem  based  learning,  project  based  learning,  cultural  dan
             community based teaching,
                    Aktivitas   dalam   pembelajaran   merupakan   wahana
             terjadinya  proses  negosiasi  makna  antara  tenaga  pengajar  dan


             80
   91   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101