Page 96 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 96
1'11111/1'1/, Kualito1 rlnlo111 l'elll/Jcioiomn
yang memiliki persepsi yang jelas tentang pengetahuan dan
keterampilan apa yang seharusnya dicapai siswa sehingga ia
memiliki fokus untuk membangun kebermaknaan dalam pembel-
ajarannya. Kebermaknaan berarti lebih dari sekedar kemampuan
mengingat. Kebermaknaan adalah bagaimana siswa dapat
mengemas suatu ide atau konsep yang dipelajarinya dan
memadukannya ke dalam kehidupannya sendiri. Kebermaknaan
berarti siswa memiliki ide tersebut.
Di samping kebermaknaan, hal penting lain dalam
pemhelajaran yang berhasil ialah keterikatan. Keterikatan terjadi
jika pembelajaran dapat menarik perhatian siswa. Keterikatan
adalah magnet yang akan terus mengikat perhatian dan komitmen
siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Keterikatan
biasanya dapat terjadi melalui ragam aktivitas yang dilakukan
cJalam pembelajaran. untuk mengembangkan imajinasi siswa,
menggugah rasa ingin tahu siswa. memotivasi siswa untuk berani
mengemukakan pendapat, dan menyentuh hatinya.
Ragam aktivitas dapat dilakukan dalam pembelajaran jika
tene1ga pengajar mempunyai 'reper1oire of teaching' atau sejumlah
strategi pembelajaran yang dapat berubah dan dimodifikasi setiap
sae1t diperlukan dan dapat digunakan dengan secara kreatif oleh
tenaga pengajar sesuai dengan kebermaknaan yang ingin dicapai
dalam pembelajaran. Berbekal sejumlah strategi pembelajaran
tersebut, mengacu pada tujuan yang ingin dicapai, keragaman
siswa, dan materi pembelajaran, ada berbagai cara yang dapat
ditempuh tenaga pengajar. Misalnya, memvariasikan beragam
metode dan strategi pembelajaran yang sudah dikenal atau
mencoba berbagai metode dan strategi pembelajaran baru seperti
problem based learning, project based learning, cultural dan
community based teaching,
Aktivitas dalam pembelajaran merupakan wahana
terjadinya proses negosiasi makna antara tenaga pengajar dan
80