Page 97 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 97

('af.:rawaln  Pendidif.:an  2



     siswa  berkenaan  dengan  materi  pembelajaran.  Aktivitas  mem-
     berikan  keleluasaan  dan  kebebasan  bagi  siswa  untuk  bertanya,
     berdialog  dengan  siswa  lain,  tenaga  pengajar,  dan  atau  sumber
     lain  untuk  merumuskan  masalah,  menganalisis,  dan  mencari
     solusi  permasalahan  yang  bermakna  bagi  kehidupan  siswa.
     Berangkat  dari  pengetahuan  dan  pengalaman  awal  siswa  maka
     pada saat negosias1  makna berlangsung, bahasa  yang  digunakan
     berubah  secara  perlahan  dari  konteks  umum  ke  dalam  konteks
     khusus  bidang  ilmu,  kemudian  dihubungkan  dengan  beragam
     aktivitas  atau  kejadian  imajiner  yang  akan  memacu  siswa  untuk
     terus mencari dan menemukan.
            Aktivitas   dalam   pembelaJaran   memerlukan   tenaga
     pengajar  untuk  menjadi  pemandu,  adanya  contoh  konkret  yang
     menjadi  media  dan  atau  fokus  untuk  teqadinya  interaksi  antar
     siswa,  antara  s1swa  dengan  tenaga  pengajar,  serta  materi
     pembelajaran.  Aktivitas  pembelajaran  diharapkan  terjadi  bukan
     hanya secara fisik,  tetapi juga secara mental atau kognisi.
            Pada  akhirnya,  untuk  menunjukkan  kemampuan  siswa
     yang  dicapai melalui  proses  pembelajaran,  kebermaknaan dapat
     diwujudkan  oleh  siswa  dalam  berbagai  bentuk,  misalnya  sebuah
     poster, atau pameran, atau rancangan pemecahan masalah,  atau
     makalah,  atau  rangkaian  toto  bernarasi.  film  bingkai  suara,  dan
     juga tes.  Di samping perwujudan fisik, yang menjadi faktor penting
     dalam  penilaian  adalah  penjelasan  siswa  tentang  perwujudan
     yang dipilihnya, serta makna dari perwujudan tersebut.


     G.  Mencapai  Kualitas  Dalam Pembelajaran
            Budaya  kualitas  dalam  pembelajaran  menawarkan  suatu
     cara  pandang  yang  berbeda  terhadap  pembelajaran  dan  semua
     komponen-komponennya,  yaitu  berdasarkan  kualitas.  Semua
     komponen  harus  berkualitas  termasuk  tenaga  pengajar,  siswa,




                                                              81
   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102