Page 92 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 92
1'ollll1'11. 1\uoliro< dolr1111 1'1'1111)('/ajnmn
sesuai dengan aturan dan perundangan yang berlaku, yaitu
tenaga pengajar.
Tenaga pengajar sebagai pemimpin perlu merasa
percaya diri, aman (secure), dan menyukai dirinya sendiri.
Seorang tenaga pengajar yang tidak merasa percaya diri, tidak
meras<~ aman, bahkan tidak menyukai dirinya sendiri, tidak akan
rJapat menciptakan iklim yang dapat saling menerima dengan
sisw<~nya. Namun dem1kian, tenaga pengajar yang percaya diri,
aman. dan suka pacla d1nnya send1ri bukan berarti tidak memiliki
keragu-raguan yang memungkinkan dinnya untuk terus
IJnreksplor<~si. Situasi pembelaJaran yang selalu dinamis tidak
mungk1n clapat dllalui tanpa adanya keragu-raguan dan keinginan
tilhu lebih lanjut.
Ten<~g<~ pengaJar juga merupakan pelajar yang selalu siap
untuk belaJar setiap sRat cJalam proses pembelajaran, bersama
donq<m siswanya. Baginya adalah tidak penting untuk 'selalu
ben<~r' tetapi lebih penting untuk terbuka pada pendapat yang
berbeda. Ticlak penting untuk mempunyai jawaban terhadap
semu<~ pertanyaan siswa dan kemungkinan yang timbul di dalam
pembelajarRn tetapi lebih penting adalah strategi untuk bersama-
sama mencari jawaban terhadap pertanyaan yang dimiliki siswa
maupun dirinya send1ri.
Tenaga pengajar memiliki wewenang dan kewajiban
untuk memandu penciptaan iklim belajar yang akan mewarnai
proses pembelajarannya dengan tetap berlandaskan pada tujuan
bahwa pembelajaran adalah untuk menghasilkan siswa yang
mampu mengembangkan potensi dirinya agar dapat mengendali-
kan proses belajar dan kehidupannya. Pembelajaran berorientasi
pRcla kualitas bukan untuk menghasilkan siswa yang lulus dengan
nlla1 100 a tau A dalam mala pelaJaran a tau bidang ilmu tertentu.
76