Page 88 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 88

l'annr·n.  Kua/irm dalm11  Prmhe/ajaran


             pengajar atau  materi  bidang  ilmu  (teacher-centered atau  content-
             centered)  menuju  budaya  pembelajaran  yang  berfokus  pada
             siswa  Ieiah  dimulai  sekitar  akhir  tahun  1960-an.  Namun  demiki-
             an.  sampai  sekarang  pembelajaran  tradisional  yang  berbasis
             pada  tenaga  pengajar  atau  materi  bidang  ilmu  (pemenuhan
             kurikulum) masih sangat umum dijumpai.
                    Pada  prinsipnya,   perubahan   budaya  pembelajaran
             dilandasi  oleh  tiga  perkembangan  yang  marak  akhir-akhir  ini
             sehagai  hasil  dari  berbagai  penelitian  tentang  pembelajaran.  Tiga
             asumsi  tersebut  adalah  kemampuan  intelektual  yang  bervariasi,
             otak manusia yang  selalu  haus  akan  makna,  dan  tantangan  yang
             cukup untuk dapat memacu siswa belajar dengan baik.

             B.  Kemampuan lntelektual yang  Bervariasi

                    Dari  berbagai  penelitian  tentang  kemampuan  intelektual,
             ada  tiga  pemikiran  utama  yang  dapat  disimpulkan,  yaitu  bahwa
             kemampuan  intelektual itu  multifaset,  bukan sesuatu yang bersifat
             tunggal.  Gardner ( 1991,  1993,  1997),  pakar  multiple  intelligences
             menyatakan  bahwa  manusia  memiliki  delapan  kemampuan
             intelektual  secara  bersamaan.  Sementara  itu,  Sternberg  (1985,
             1988,  1997)  menyatakan  ada  tiga  jenis  kemampuan  intelektual
            manusia  (analytical,  practical,  dan  creative).  Sebelum  Gardner
            dan  Sternberg,  ada  Thorndike,  Thurston,  dan  Guilford  yang  Ieiah
            mengidentifikasi  adanya  berbagai  tipe  kemampuan  intelektual.
            Dari  berbagai  perkembangan  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa
            manusia  berpikir,  belajar,  dan  berkreasi  dalam  beragam  cara.
            Perkembangan  dan  kemajuan  dari  potensi  yang  dimiliki  oleh
            manusia  sangat  dipengaruhi  oleh  kepadanan  antara  apa  yang
            dipelajari manusia,  dan  bagaimana cara manusia mempelajarinya
            berdasarkan kemampuan intelektualnya.






            72
   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93