Page 85 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 85
Kualitas dalam Pembelajaran
.------------------------P~P~
c?.rnpai dengan Ia hun 1990-an, pembelajaran
merupakan aktivitas ritual yang sepenuhnya menjadi wewenang
tenaga pengajar yang biasanya dilaksanakan dalam satu ruang
kelas. Walaupun banyak penelitian dilakukan dan pembaharuan-
pembaharuan diusulkan, tenaga pengajar tetap menjadi 'pemilik
utama' dari pembelajaran yang memiliki wewenang penuh tentang
apa yang akan dilakukan, bagaimana melakukannya, serta apa
hasil yang akan diperolehnya. Oleh karenanya, tidaklah
mengherankan bahwa dari sekian banyak penelitian dan
pengembangan pembelajaran yang Ielah dihasilkan, potret
pembelajaran di banyak inslitusi pendidikan dari berbagai jenjang
telap sama yaitu tenaga pengajar yang mengajar berdiri di depan
kelas, memberikan ceramah atau menyampaikan informasi
keilmuan kepada siswa dengan atau tanpa media pembelajaran,
siswa mendengarkan dan mencatat pelajaran yang disampaikan.
Tenaga pengajar datang ke kelas tanpa persiapan, tidak ada
perancangan pembelajaran yang dibuat, kadang-kadang hanya
mengandalkan satu buku sumber yang seringkali juga dibacakan
kepada siswa pada saat pengajaran berlangsung. Kemudian
tenaga pengajar akan melakukan evaluasi pada akhir suatu
69