Page 87 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 87

Cnkrmmln l'endidiknn 2



      membantu perkembangan intelektual,  sikap,  dan  moral dari  setiap
      individu  siswa  sebagai  anggota  masyarakat  (Knowles,  1990).
      Dengan  demikian,  tenaga  pengajar  memiliki  peran  sangat  vital
      untuk   membangun    pembelajaran   yang   berkualitas   serta
      membangun budaya kualitas dalam  pembelajaran.
             Tenaga  pengajar  (aktor)  yang  berkualitas  tidak  mudah
      untuk  ditemukan  dan  diperoleh.  Sementara  itu,  pembelajaran
      (proses)  yang  berkualitas  merupakan  landasan  dasar  dari
      perkembangan  dinamis  bangsa.  Tenaga  pengajar  dan  pembel-
      ajaran  merupakan  dua  komponen  yang  saling  berhubungan  erat
      dalam  pendidikan,  di  samping  komponen-komponen  lain  yang
      saling  menunjang.  Fokus  makalah  ini  adalah  kualitas  dalam
      pembelajaran.  terutama  tenaga  pengajar  sebagai  aktor  dalam
      pembelajaran, dan pembelajaran sebagai proses.

      A.  Perubahan Budaya Pembelajaran

             Pembelajaran  merupakan  proses  pembudayaan  dalam
      arti  pembelajaran  menjadi  wahana  untuk  terjadinya  penyampaian
      budaya  ilmiah  dan  budaya  kehidupan  bangsa  kepada  siswa
      sebagai generasi penerus.  Namun, pembelajaran sendiri memiliki
      budaya  -  tradisi,  asumsi,  kaidah  ilmiah  -  yang  menjadikan
      pembelajaran  sebagai  suatu  sistem  budaya  tersendiri.  Dari  masa
      ke  masa  budaya  pembelajaran  mengalami  perubahan,  seiring
      dengan  perkembangan  ilmu  pengetahuan,  kemajuan  teknologi,
      dan beragam kebutuhan masyarakat.
             Dengan  adanya  tuntutan  kualitas  dalam  pembelajaran
      maka  pembelajaran  dan  segala  komponennya  menjadi  sangat
      terbuka  untuk  dianalisis  oleh  berbaqai  pihak.  Keterbukaan
      tersebut membawa perubahan tersendiri bagi  budaya pembelajar-
      an  yang  selama  ini  sudah  berlangsung.  Seruan  untuk  merubah
      budaya  pembelajaran  dari  budaya  yang  berfokus  pada  tenaga




                                                               71
   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92