Page 87 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 87
Cnkrmmln l'endidiknn 2
membantu perkembangan intelektual, sikap, dan moral dari setiap
individu siswa sebagai anggota masyarakat (Knowles, 1990).
Dengan demikian, tenaga pengajar memiliki peran sangat vital
untuk membangun pembelajaran yang berkualitas serta
membangun budaya kualitas dalam pembelajaran.
Tenaga pengajar (aktor) yang berkualitas tidak mudah
untuk ditemukan dan diperoleh. Sementara itu, pembelajaran
(proses) yang berkualitas merupakan landasan dasar dari
perkembangan dinamis bangsa. Tenaga pengajar dan pembel-
ajaran merupakan dua komponen yang saling berhubungan erat
dalam pendidikan, di samping komponen-komponen lain yang
saling menunjang. Fokus makalah ini adalah kualitas dalam
pembelajaran. terutama tenaga pengajar sebagai aktor dalam
pembelajaran, dan pembelajaran sebagai proses.
A. Perubahan Budaya Pembelajaran
Pembelajaran merupakan proses pembudayaan dalam
arti pembelajaran menjadi wahana untuk terjadinya penyampaian
budaya ilmiah dan budaya kehidupan bangsa kepada siswa
sebagai generasi penerus. Namun, pembelajaran sendiri memiliki
budaya - tradisi, asumsi, kaidah ilmiah - yang menjadikan
pembelajaran sebagai suatu sistem budaya tersendiri. Dari masa
ke masa budaya pembelajaran mengalami perubahan, seiring
dengan perkembangan ilmu pengetahuan, kemajuan teknologi,
dan beragam kebutuhan masyarakat.
Dengan adanya tuntutan kualitas dalam pembelajaran
maka pembelajaran dan segala komponennya menjadi sangat
terbuka untuk dianalisis oleh berbaqai pihak. Keterbukaan
tersebut membawa perubahan tersendiri bagi budaya pembelajar-
an yang selama ini sudah berlangsung. Seruan untuk merubah
budaya pembelajaran dari budaya yang berfokus pada tenaga
71